8 Kuliner Murah Dan Enak di Surabaya (Part 1)

Modifikasi dari Jejak Piknik
We eat for life, tul? Mau sehat, harus makan yang seimbang. Mau nyiapin sidang skripsi, harus nyiapin makan dosen. Mau kuat menghadapi kenyataan, harus makan yang banyak. Mau kencan sama gebetan, mikirin tempat makan. Mau naikan berat badan, harus makan yang teratur. Hidup kita mah emang nggak jauh-jauh dari makanan. Kata orang sih, makan itu harus 3 kali sehari. Padahal manusia bisa bertahan 3 minggu bahkan sampai 70 hari tanpa makanan, ya paling-paling ntar jatohnya jadi kekurangan gizi (sumber : helloSEHAT). Nauzubillah min zalik. Well, makanan itu emang kebutuhan semua makhluk hidup. Aku aja kalau nggak makan setengah hari, bisa langsung bete dan ngamuk-ngamuk ke Bayu karena kelaparan.
Dua setengah tahun lebih, aku dan Bayu merantau di Surabaya. Selama itu juga kami jadi partner makan hampir setiap hari. Aku tau dia doyan pedas dan selalu makan dengan nasi ekstra. Sementara dia juga tahu kalau aku nggak terlalu suka makanan pedas dan juga sayur.
Jadi di kesempatan kali ini, aku pengen kasih tau kalian 8 tempat makan andalan kami selama berada di Surabaya. Nah tempat-tempat ini tuh cocok buat kamu yang udah bosen makan disitu-situ aja dan pengen menjelajahi berbagai tempat kuliner enak di Surabaya dengan harga mahasiswa. Mau tau apa aja? Yuk simak di bawah ini.

1. Wapo
Warung Wapo Cabang Suterejo yang terletak di depan UMS 
(Sumber gambar: http:///www.foody.id)
Ingin makan dengan konsep prasmanan supaya bisa ngambil seenaknya sendiri? Datang aja ke Wapo Prasmanan. Tempat makan yang terletak tak jauh dari gerbang Universitas Muhammadiah Surabaya ini merupakan sebuah tempat makan yang menyajikan menu masakan rumah seperti sop, sayur bening, ayam goreng tepung, ayam kecap, ayam kari, cap cay, ikan goreng, telur, empal jagung, dan beragam menu lainnya.
Wapo Prasmana ini terletak di Jalan Raya Suterejo No. 56. Warung yang terletak dipinggir jalan ini nggak sulit untuk ditemukan. Jika kita datang dari arah perempatan lampu merah di dekat ACC Kampus C Universitas Airlangga, kita hanya perlu berbelok kanan ke arah Jalan Raya Suterejo dan berjalan lurus hingga menemukan warung berwarna jingga di kanan jalan. Warung ini bukan dari jam 06.00 sampai 21.00 atau bisa lebih cepat. Harga makanannya pun sangat terjangkau, dengan 10.000 - 20.000 per orang, kita udah bisa makan enak sesuai dengan apa yang kita ambil.
By the way, warung ini merupakan warung andalanku dan Bayu diawal-awal pacaran. Makan siang di Wapo, makan malam di Wapo lagi, besoknya makan siang di Wapo, makan malam di Wapo lagi, dan begitu seterusnya. Menu andalanku sendiri adalah adalah perpaduan antara ayam kecap, tempe, dan kerupuk atau perpaduan antara sop, empal jagung, dan ayam goreng. Sementara Bayu biasanya akan makan dengan komposisi sayur, ikan / ayam, mie, dan sambel.

2. Depot Cak Bass
Pertama kali kesini bareng teman-teman angkatan waktu masih jadi maba. Ini kondisi warung 3 tahun yang lalu.
Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng? Makanan yang banyak dijajakan pada malam hari ini pasti pernah menjadi penolong perut kelaparan bagi mayoritas penduduk Indonesia. Hampir di setiap sudut negara kepulauan ini pasti terdapat warung nasi goreng.
Salah satu warung nasi goreng yang enak dan terkenal bagi beberapa mahasiswa kampus C Unair adalah Depot Cak Bas. Warung nasi goreng ini, nggak hanya menyediakan menu "teman-teman" nasi goreng yang biasa. Warung ini memiliki puluhan menu, seperti indomie, penyetan, berbagai olahan ayam dan udang, hingga beraneka macam nasi goreng.
Depot Cak Bas  ini terletak di Jalan Mulyorejo Tengah No. 50 - 56, depan kios fotocopy Ns. Iklas. Untuk menemukan warung nasi goreng ini nggak sulit kok. Dari Indomaret Mulyorejo, kita harus melewati beberapa rumah sebelum masuk ke Jalan Mulyorejo Tengah di sebelah kiri jalan, setelah itu hanya perlu berjalan lurus hingga menemukan warung berwarna kehijauan dengan gerobak nasi goreng di pinggirnya. Masalah harga, nggak perlu khawatir. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 - 20.000 aja, kita udah bisa nikmatin salah satu dari beragam menu yang disajikan. Warung ini buka dari jam 17.00 sampai 23.00.
Aku dan Bayu juga sering makan disini. Biasanya disini kami akan memesan nasi goreng dengan tambahan telur tanpa dikasih bawang, tapi seringkali juga aku memesan ayam asam manis. Nah, karena di warung ini koki utamanya hanya satu sementara terkadang yang antri banyak, jadi butuh kesabaran untuk dapat menantikan makanan tersaji. Tapi worth it sih, karena makanannya enak.

3. Warung Melas Cak Dul
Tampilan Warung Melas Cak Dul di siang hari (Sumber: Google Maps)
Ada yang tau makanan andalan mahasiswa sehari-harinya? Ya pasti penyetan. Siapa mahasiswa yang tidak kenal dengan makanan ramah kantong ini? Pasti hampir tidak ada.
Ngomongin tempat makan yang ramah kantong terutama saat akhir bulan, Warung Melas Cak Dul ini andalanku. Warung ini menjajakan beragam penyetan dengan harga yang sangat murah, seperti penyetan telur, ayam, lele, tempe, tahu, bebek, dan yang lainnya.
Warung Melas Cak Dul ini berada di Raya Suterejo No. 60. Terletak di sebelah kanan dari arah Merr, tidak jauh sebelum Wapo Prasmanan. Warung ini buka dari jam 17.00 sampai habis. Harga makanan di warung ini sangat murah, antara 5.000 - 15.000. Sebagai bocoran, dengan 5.000 kamu sudah bisa kenyang dengan menu nasi telur, sementara dengan hanya 7.000 kamu sudah bisa menikmati menu nasi ayam. Murah banget kan?
Aku dulu sering banget makan disini, karena kebetulan warung ini berada tepat di depan kos pertamaku. Bahkan es teh warung melas ini yang membuat laptop lamaku rusak karena tidak sengaja kesenggol dan membanjiri keyboardnya. Ya salah aku juga sih. Hehe..

4. Nasi Ayam Gepuk Pak Mahmud
Sajian Ayam Gepuk Pak Mahmud (Sumber: http://www.pergikuliner.com)
Kamu doyan masakan pedas? Jangan sampai melewatkan tempat makan yang satu ini. Nasi Ayam Gepuk Pak Mahmud yang terletak di pinggir jalan ini menyajikan ayam gepuk lombok ijo dan juga beragam penyetan. Buat yang doyan pedas, pasti suka. Bayu aja doyan!
Nasi Ayam Gepuk Pak Mahmud ini terletak di Jalan Kalijudan Nomor 80. Persis di depan Air Isi Ulang Tirta Wening. Jika kamu dari arah Puskesmas Kalijudan, kamu hanya perlu berjalan lurus hingga menemukan sebuah gerobak kecil di pinggir lesehan yang dibuat di atas sungai. Harga makanan disini juga nggak kalah murah loh, untuk satu porsi ayam gepuk dengan nasi hanya berkisar 10.000 - 15.000. Warung ini buka pukul 18.00 sampai 12.00 dini hari.

5. Nasi Uduk dan Lontong Sayur Bang Day
Nasi Uduk Mang Day biasanya berjualan di depan cafe ini dengan 
truk motornya, hanya pada pagi hari (Sumber : Google Maps)

Buat kamu yang pengen mencari sarapan dengan menu yang istimewa, Nasi Uduk Mang Day ini tempatnya. Warung nasi uduk ini tentu menyajikan nasi uduk yang dilengkapi dengan mihun, ayam dan telur suwir, tempe bumbu kecap, sambel, dan kerupuk.. Tapi tidak hanya nasi uduk,  lontong sayur padang pun juga ada di warung ini dan rasanya tidak kalah enaknya.
Nasi Unduk Mang Day ini terletak di Jalan Karangmenjangan Nomor 15, tepatnya di lantai 1 kantin Cafe Kita. Tempatnya di pinggir jalan dan mudah banget buat ditemukan. Harganya pun sangat bersahabat sekali, untuk satu porsi nasi uduk hanya dibanderol sekitar 9.000. Murah banget kan?
Warung ini adalah warung andalanku dan Bayu untuk sarapan. Biasanya aku akan memesan nasi uduk biasa atau lontong sayur padang jika bosan makan nasi. Sementara Bayu biasanya memesan nasi uduk plus telur rebus dari lontong sayur.

6. Mr. Suprek
Sajian kelezatan dari Mr. Suprek (Sumber: http://www.instagram.com/mr_suprek)
Satu lagi tempat makan enak dan murah terutama buat kamu yang doyan makanan pedes, yaitu Mr. Suprek. Warung yang menyulap dua bangunan ruko menjadi satu tempat makan ini menyajikan beragam ayam geprek dengan berbagai level, dari level anak mama (level 0) sampai level sakarepmu (level +10). Varian ayam gepreknya pun beragam, mulai dari ayam geprek original dengan sambel bawangnya, ayam geprek perih dengan sambel terasinya, hingga ayam geprek prekju dengan taburan keju di atasnya. Spesialnya lagi nih, kamu bisa ngambil nasi, sop dan es teh sepuasnya di tempat ini. Nasinya pun ada dua rasa, nasi uduk dan nasi biasa. Ngiler nggak sih?
Mr. Suprek terletak di Jalan Keputih Tegal Timur Nomor 84. Jika kamu berangkat dari arah Sakinah atau pintu keluar ITS, kamu hanya perlu berjalan lurus hingga menemui belokan kanan. Tapi jangan belok kanan, lurus saja masuk di gerbang masuk Jalan Keputih Tegal Timur hingga kamu ketemu tempat makan bernuansa merah di sebelah kanan. Tempat makan ini buka dari jam 11.00 sampai 21.00. Harganya pun harga mahasiswa banget, kamu hanya perlu merogoh kocek 15.000 - 23.000 untuk bisa menikmati ayam geprek beserta nasinya. Untuk es teh bebas refill-nya, kamu hanya perlu menambah 4.000 lagi kok.
Ini adalah tempat pertama kali aku belajar makan pedas. Diawal-awal aku dan Bayu menemukan tempat ini, kami sering banget bolak-balik buat makan disini. Menu kesukaanku sendiri itu adalah ayam geprek original level 1 – 2 dengan tambahan saus barbeque, sementara menu kesukaan bayu adalah ayam geprek perih level 3 dengan tambahan saus smoked blackpaper.

7. Laziza
Sajian Nasi Ayam Laziza dengan Saus Cheese (Sumber: Google Maps)
Pengen makanan cepat saji yang punya banyak varian dan juga murah? Laziza pilihannya. Laziza ini merupakan tempat makan cepat saji yang menyajikan berbagai makanan cepat saji, seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, pizza, chicken roasted, ayam geprek, steak, hingga ice cream. Selain menu makanannya yang beragam, tempat makan yang terletak di lantai dua mini market Sakinah ini pun memiliki suasana yang sangat nyaman dan sejuk.
Lazizaa ini memiliki beberapa cabang di Surabaya. Tapi yang sering aku kunjungi ini adalah Lazizaa yang terletak di Jalan Kejawan Tambak Putih No. 110. Jika kamu berangkat dari pertigaan perumahan Pakuwon, kamu hanya perlu masuk ke jalan kecil yang mengarah ke Jalan Keputih hingga menemukan pertigaan lainnya. Di pertigaan yang ini, kamu perlu berbelok kanan sedikit untuk menemukan mini market Sakinah di sebelah kanan. Harga makanan disini pun terjangkau, untuk setiap itemnya kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 4.000 - 48.000. Tempat makan ini buka dari jam 06.00 sampai 22.00.
Ini adalah tempat makan favorite-ku dan Bayu hingga sekarang. Menu andalan kami adalah 2 Paket Makmur 1 yang sudah termasuk nasi, ayam besar, dan es teh, disertai dengan bumbu barbeque untuk menambah rasa. 

8. Penyetan Pak Toha
Lokasi Warung Pak Toha sebelum pindah. (Sumber: Google Maps)
Ada satu lagi tempat penyetan yang sering aku kunjungin karena tempe gorengnya yang begitu renyah dan enak, yakni Warung Pak Toha. Warung ini tentu menjual beraneka ragam penyetan seperti tempe, telur, ayam, bebek, lele, dan yang lainnya. Tapi yang membuat warung ini spesial adalah tempenya yang endes banget yang sudah sertakan di setiap pemesanan penyetan. Selain itu, sambel disini juga enak bagi orang yang nggak terlalu bisa pedes kaya aku.
Warung yang terletak di Jalan Gubeng Kertajaya ini tidak kalah murahnya, kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 3.000 - 15.000 untuk setiap itemnya. Warung ini buka dari jam 11.00 sampai 24.00.
Dulu, Bayu yang ngenalin tempat ini ke aku. Tapi, lama-kelamaan aku yang jadi sering ngajakin Bayu buat bolak-balik makan kesini lagi, ya nggak lain karena tempenya yang krenyes  itu. Menu favorite-ku dan Bayu disini adalah es teh dengan nasi telur.

Inilah 8 tempat yang sering aku dan Bayu kunjungin untuk makan. Sebenarnya masih ada 8 tempat lagi yang pengen aku kasih tau ke kalian, yang mungkin membutuhkan informasi ini, tapi nanti bakal aku lanjutin lagi di postingan yang selanjutnya. Semoga bermanfaat ya. Selamat makan-makan!

Comments

  1. cuma tau 1, 2, 6, 7 (yang ini belum nyoba juga) dari 8 and soon part 2nya. merasa gagal jadi warga Surabaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau nomor 7 sih menurut aku recomended untuk di coba. Hehe. Tapi lagian kuliner bukan ukuran kegagalan untuk jadi warga kok. Selamat mencoba!

      Delete

Post a Comment