TWENTY


Jam 05.04, hari Jumat, tanggal 22 Agustus 2014, tiba-tiba aku terbangun dari tidurku. Suara adzan mulai terdengar ditelingaku. Ah sudah subuh rupanya, pikirku. Tapi aku bahkan nggak berencana untuk bangun sepagi ini, aku sudah memasang alarm jam 05.30 pagi tadi malam karena kebetulan aku sedang tidak shalat. Aku mencoba mengingat-ingat, ada kejadian apa hari ini yang membuat Allah membangunkanku sepagi ini, ah rupanya ini hari ulang tahunku yang ke 20, mungkin ini hadiah dari Allah yang diberikan untukku, Allah menyapaku melalui adzan pertamaku di umur 20 tahun, Alhamdulillah, terima kasih Allah!


Tanganku mulai meraba samping kiri dan kanan ranjangku untuk mencoba menyari letak handphoneku, kubuka layar tutup handphone, dan tidak kutemukan satu pun SMS atau telpon. Tanganku mulai meraba lagi di samping kanan dan kiri ranjangku untuk mencoba menyari tabletku, kutekan tombol penguncinya, dan kulihat bagian notifikasinya, ternyata terdapat dua notifikasi, massanger dari Kak Bobby serta status dari Cita dan Nurul. Kubaca status yang dibuat oleh Cita dan Nurul, teman SMP dan SMA-ku yang kebetulan memiliki tanggal lahir yang sama denganku. Ternyata mereka mengucapkan selamat ulang tahun untuk kita bertiga. Happy birthday to us, guys. Semoga kita selalu mengingat satu sama lain dan mendoakan satu sama lain ya! Kemudian aku membaca massanger dari Kak Bobby, dan tenyata dia pun mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku. Kak Bobby ini bisa dibilang ehem my first love, dia ini pacar aku sewaktu aku masih duduk di kelas 1 SMP. Dia ini salah satu pacar yang hobby nyakitin, bayangin aja selama ± 11 bulan kami pacaran, dia sudah ± 4 kali selingkuh. Tapi anehnya, dia ini yang selalu ingat ulang tahunku di setiap tahunnya. Jarang sekali dia absen untuk nggak ngucapin selamat ulang tahun ke aku. Makasih ya kak Bobby, awak the best


Ucapan dari Kak Bobby. Makasih ya Kak! :D

Ucapan dari Cita. Selamat ulang tahun buat kita ya, Cit!


Kemudian ucapan dan doa dari teman-teman yang lain secara bertahap mulai berdatangan, baik melalui facebook, twitter, bbm, mau pun instagram. Makasih ya untuk teman-temanku tersayang Cita, Nurul, Kak Bobby, Ita, Zaky, Kak Manda, Chrisna, Nisa, Anggi, Sas, Rama, Belok, Hana, Widuri, dan Thessa atas ucapan dan doanya. Memang nggak banyak yang ingat tentang ulang tahunku, tapi ini menyadarkanku mungkin selama ini aku terlalu sombong dan kurang bersahabat makanya hanya sedikit orang yang menganggapku spesial. Buktinya dari ± 8 orang yang pernah menjadi lelaki spesial di dalam hidupku, hanya 1 orang yang ingat.

Ucapan dari Nisa, Chrisna juga Nurul. Makasih ya! :D
Ucapan dari Thessa. Makasih ya Thessa!
Seperti biasa there’s no birthday cake, and no birthday suprise. Tapi untungnya masih ada beberapa birthday gifts yang diberikan sama Mama dan Kakakku. Mamaku membelikanku sebuah sepatu, sepatu yang kurencanakan akan kubeli dengan uang hasil kerjaku sendiri, tapi ternyata mama membelikanku duluan. Sepatu ini memang ingin kubeli untuk acara wisuda bulan depan. Makasih ya ma untuk kadonya.


This's the shoes from Mother.

Malam hari aku pergi ke kos temanku untuk minta data foto, beli pulsa, dan beli tahu tek-tek (laper cuy). Sepulang aku ke rumah, tiba-tiba keponakan kesayanganku membawa sebuah kado sebesar kotak sepatu dan memberikannya kepadaku, aku pun penasaran, what is that? Is that mine? Is that a birthday gift for me? Aku mencoba bertanya kepada Mama, Kakak, dan Bapakku, “Apa ini? Dari siapa?” tapi mereka menjawab dengan tidak serius. Aku pun membuka kado itu dan ternyata isi kado itu adalah sebuah sweater berbulu berwarna putih yang cantik. Aku pun menanyakan kepada kakakku, siapa yang memberikan kado ini, dia menjawab kalau dia lah yang memberikan kado ini. Sampai detik ini aku masih separuh berusaha percaya dan separuh nggak percaya kalau kado ini dari kakakku, karena selama 19 kali aku ulang tahun, dia nggak pernah ngasih aku apa-apa. Tapi di sisi lain, entah ini sebuah firasat atau harapan, aku mengira ini adalah kado dari seseorang yang kuharapkan akan mengucapkanku selamat ulang tahun kepadaku hari ini, seseorang yang seolah-olah kudzikirkan namanya sejak subuh tadi, tapi itu pasti nggak mungkin karena dia sudah bahagia dengan kebahagiaannya yang baru, untuk apa mengingatku lagi.Tapi dari siapa pun kado ini, aku mengucapkan banyak terima kasih ya. 

Nabiqha with the gift.

Tapi hari ulang tahun bukanlah sebuah hari yang harus dirayakan dengan meriah, hari ulang tahun adalah hari dimana seharusnya aku banyak bersyukur karena Allah telah memberikanku kesempatan hidup selama 20 tahun ini. Aku patut bersyukur atas seluruh nikmat, kesehatan, rezeki, keluarga, dan rahmat yang telah diberikan oleh Allah selama 20 tahun ini. Aku patut untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah di umurku yang menginjak usia 20 tahun ini, karena usia dengan kepala 2 bukan usia yang tepat lagi untuk bermalas-malasan dan bermain-main. Di usiaku yang ke 20 ini, tanggung jawab yang akan aku pegang akan lebih berat lagi, aku harus berusaha untuk menjadi pemudi yang bisa memajukan bangsanya, aku harus berusaha untuk menjadi anak yang bisa membahagiakan kedua orang tuanya, aku harus berusaha untuk menjadi muslimah yang bisa mempertanggung jawabkan segala perbuatannya, dan aku harus berusaha untuk menjadi calon istri yang bisa melayani suaminya dengan baik walau pun calonnya belum nonggol. Hehe..


Tentang ulang tahun, aku jadi ingat ulang tahunku yang ke-16. Ulang tahun dengan hadiah yang paling aku suka. Ulang tahun favoritku. Aku masih ingat setiap inchi kebahagiaan saat aku menerima SMS dari temanku yang ahli membuat web untuk membuka alamat web yang dia kirimkan untukku. Aku masih ingat tarikan senyumku saat melihat web yang dia buatkan khusus untukku sebagai ucapan ulang tahunku. Itu adalah hadiah yang paling berkesan selama hidupku. Saat itu adalah saat dimana aku merasa ada seorang teman disana yang memperlakukanku sebagai seorang teman yang sangat berharga, sehingga dia menghabiskan hampir seluruh malamnya untuk membuat ucapan selamat ulang tahun untukku. Aku cuma bisa mengucapkan terima kasih banyak sudah pernah membuat aku merasa sebahagia itu. Makasih untuk hadiah ulang tahun terhebat yang pernah kamu berikan. Semoga kamu selalu dikelilingi oleh kebahagiaan :)

Selama ulang tahun ke 20 untukku! Buat teman-teman yang pengen share cerita tentang ulang tahunnya, silakan share di comment box atau mention di @dilafzy ya. Selamat tengah malam!



Comments