Tips Mencari Kos

sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Kos sweet kos. Kos merupakan tempat peristirahatan para anak rantau yang sedang berjuang baik dalam mengenyam pendidikan mau pun mencari nafkah. Jadi nggak heran kalau setiap anak rantau akan mencari kos senyaman-nyamannya, malah kalau bisa senyaman rumah sendiri. Sebagai anak rantau junior yang masih amatiran, aku pengen memberikan beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan saat sedang mencari kos.

1. Kos bayaran per bulan
So far, kos dengan bayaran pertahun sih emang paling simple. Nggak perlu bolak-balik ditagihin tiap bulan dan nggak perlu bingung mikirin gimana caranya cari duit buat bayar uang kos bulan depan. Tapi jangan lupa dengan kemungkinan bahwa kedepannya bakal ada beberapa hal yang bikin kamu nggak betah di kos dan ngebuat kamu ngerasa pengen banget pindah kos, tapi kamu terpaksa tertahan karena sudah bayar per tahun. Dengan bayar kos per bulan, kamu bisa leluasa buat pindah kos kemana pun yang kamu mau.
2. Teman-teman kos yang nyaman
Salah satu faktor pendukung kebetahan kita di kos adalah tetangga di kos. Senyaman-nyamannya lingkungan kos kita, kalau punya tetangga kos yang rempong banget, siapa yang betah? Tetangga yang ngomongnya nggak nyantai, yang suka ngantri mandi tapi nggak mandi-mandi, yang suka numpuk cucian kotor sembarangan, yang suka minjem ini itu, siapa yang betah punya tetangga kos begitu? Ini sekalian introspeksi diri deh buat kita-kita anak kos, siapa tau kita sering bertindak menyebalkan kepada tetangga-tetangga di kos dan ngebuat para tetangga tersebut nggak betah di kos.
3. No batas jam keluar
Sebagai seorang mahasiswa, pulang malam merupakan hal yang biasa. Nugas, acara kampus, nongki, nguntitin pacar orang, dan masih banyak lagi alasan yang membuat mahasiswa harus pulang malam. Kos dengan jam malam bakal ngebatasin aktivitas kamu. Lagi asik-asiknya ikut acara kampus, eh tiba-tiba kamu harus pulang karena takut dikunciin sama bapak kos. Diajakin nongki bareng teman-teman, tapi kamu harus nolak karena udah deket sama jam malam. Bete kan? 
4. Pastikan air dan listrik lancar
Air dan listrik merupakan dua sumber utama dalam kehidupan kita. Sewaktu mencari kos, listrik dan air merupakan hal wajib yang harus ditanyakan kepada sang pemilik kos. Untuk air, pastikan pemilik kos pake air PDAM dan nggak pelit dalam menyalakan air buat para penghuni kos. Untuk listrik, pastikan listriknya bisa memenuhi semua kebutuhan kamu, seperti pemakaian rice cooker, kipas angin, tv, mini kulkar, laptop, dll.
5. Ada dapur lebih baik
Dapur merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Awalnya aku juga ngerasa dapur itu nggak terlalu penting, karena aku sendiri nggak bisa masak. Tapi ternyata dapur itu juga diperlukan bagi anak kos. Lagi akhir bulan, pengen hemat dengan masak sendiri tapi nggak bisa karena nggak ada dapur. Lagi kelaperan tengah malam, pengen masak mie goreng tapi nggak bisa, lagi-lagi karena nggak ada dapur. Percayakan kalau dapur itu ternyata penting, man!
6. Dekat dengan masjid
Kos yang dekat dengan masjid itu merupakan suatu keberkahan, bro. Bisa dapat alarm gratis via adzan. Bisa dapat tempat buat numpang mandi kalau air lagi mati. Bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dan bisa mendapat pahala ++ karena sering shalat berjamaah. Manatau entar pas udah wisuda malah dilamar sama anaknya pak Ustad.
7. Nggak pengap
Kamar yang pengap itu bikin penguhinya nggak bakalan betah di dalam kamar. Jadi usahakan cari kamar yang nggak terlalu pengap. Cari yang ventilasinya bagus, kalau perlu yang nggak ada atapnya #eh. 
8. Fasilitas sesuai dengan kebutuhan
Ya, pilihlah kos yang menyediakan fasilitas yang anda butuhkan. Yang nggak biasa hidup tanpa AC, monggo cari kos yang ada AC-nya. Yang tiap mandi selalu pake air hangat, monggo cari kos yang ada air panas-dinginnya. Yang nggak suka berbagi kamar mandi dengan orang lain, monggo cari kos yang ada kamar mandi dalamnya. Pilih kos sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya deh, asal budget ada dah.
9. Dekat dengan seluruh tempat pemenuhan kebutuhan mahasiswa
Usahakan mencari kos yang berada dekat dari tempat makan, mini market, fotocopy-an, konter HP, wifi corner, warnet, dan segala tempat yang menjadi kebutuhan mahasiswa. Biar kalau perlu sesuatu, kamu nggak perlu jalan berkilo-kilo.

Itu lah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangan dalam mencari kos. Ingat ya, pilihkan kos dengan menyesuaikan budget dan kebutuhan kamu. Jangan terlalu menuntut kos yang mewah tapi nyusahin orang tua, inget kebutuhan kamu kedepannya juga banyak, bukan cuma kos doang. Nggak perlu takut nggak betah, karena senggakenak-nggakenaknya sebuah kos akan menjadi nyaman kalau kamu pandai menyesuaikan diri dan pandai bersyukur. Tapi kos yang nggak nyaman itu juga bisa jadi motivasi loh, motivasi supaya cepat lulus dan meninggalkan kos tersebut. Muehehe. Selamat mencari kos!

Comments