Amerta PPKMB Unair 2015


sumber : https://www.facebook.com/
Setelah diterima pada program alih jenis Universitas Airlangga, pasti akan terlintas pertanyaan “Alih jenis nanti ikut ospek nggak?”. Sebagai seorang ahli madya yang mayoritasnya sudah di gojlok abis-abisan waktu pertama kali masuk di jenjang D-III, terasa ganjil kalau harus melalui masa ospek lagi. Tapi terima atau tidak, alih jenis harus ikut ospek.
Ospek atau yang disebut Amerta / PPKMB pada tahun ini dilaksanakan selama dua minggu. Tanggal 18 Agustus 2015 merupakan acara pengukuhan. Tanggal 19 Agustus 2015 merupakan acara PPKMB Kampus. Tanggal 20 Agustus 2015 merupakan acara PPKMB fakultas. Tanggal 20-21 Agustus 2015 merupakan acara PPKMB BEM Fakultas. Tanggal 24/25 Agustus 2015 diisi oleh ESQ. Tanggal 26/27 Agustus 2015 diadakan life mapping. Dan penutupan tanggal 28 Agustus 2015.
Dan dalam Amerta terdapat tiga tugas utama, yakni membuat ID Card yang telah disiapkan, mendonasikan buku sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan, dan membuat social project yang dibuktikan oleh video + foto.

1. Pengukuhan
Pengukuhan merupakan acara pertama dalam rangkaian ospek. Ini lah saat dimana kita di sah-kan sebagai mahasiswa Airlangga oleh Rektor. Baik mahasiswa reguler mau pun alih jenis bakal kumpul jadi satu di acara ini. Acara ini dilaksanakan di ACC dan didesain seperti sebuah sidang, seperti saat wisuda. Tapi sayangnya nggak pake kebaya, hanya baju putih-putih beserta almamater dan mutz. Acara ini juga dimeriahkan oleh orcestra dan paduan suara dari Universitas Airlangga. Setelah pengukuhan, terdapat persembahan dari paduan suara, orchestra, serta tarian. Lalu dilanjutkan pengenalan oleh para Presiden BEM, baik Presiden BEM Universitas mau pun Presiden BEM Fakultas. Serta terdapat launching dari “logo”-nya Amerta. Acara ini cuma berlangsung setengah hari, tapi lumayan lah bisa dapat kotakan roti. Hehe.

sumber : https://www.facebook.com/

2. PPKMB Universitas
Disini lagi-lagi kita dikumpulin dengan anak reguler. Nggak akan ada perbedaan perlakuan kepada alih jenis mau pun anak reguler disini. Jadi pada acara ini seruluh maba bakal di bagi beberapa kelompok, setiap kelompok akan disebar di seluruh kampus, dari kampus A, kampus B, dan kampus C. Kebetulan kemarin aku kebagian di ruang 302 Fakultas Vokasi, lumayan lah buat touring ke Fakultas Vokasi. Hehe. Acara ini di isi oleh materi-materi tentang ke universitas-an, seperti sejarah Unair, fasilitas di Unair, dll.

3. PPKMB Fakultas
Acara ini dilaksanakan di fakultas masing-masing. Di awali oleh perkenalan dari pimpinan-pimpinan fakultas dan dilanjutkan dengan materi-materi per-fakultasan. Disini kami dibagi menjadi dua kelas, kelas pertama diisi oleh semua reguler, sedangkan kelas kedua diisi oleh semua alih jenis dan beberapa anak reguler. Materi-nya pun di dominasi dengan materi ke fakultas-an.

4. PPKMB BEM Fakultas
Acara ini berlangsung selama 2 hari. Diisi oleh beberapa materi, games, dan juga orientasi fakultas. Di sebagian besar acara ini, kami dipisahkan dengan anak reguler. “Kalau anak alih jenis, kita lebih kekeluargaannya” kata sang MC. Materi tentang pengalaman kuliah, tentang skripsi, tentang PKM, pengenalan BEM, bikin yel-yel, games, tukar kado, pokoknya it was totally fun. Dalam penugasan juga kita nggak terlalu berat-berat banget lah, cuma disuruh bikin buku angkatan, nama tag, essay tentang keperawatan (min. 200 kata) dan alasan melanjutkan S1 di Unair (min. 500 kata).

5. ESQ
Pada tanggal 24/25 Agustus 2015 dilaksanakan acara ESQ di ACC. Kebetulan fakultas-ku kedapatan giliran untuk ESQ tanggal 25 Agustus 2015. Acara ini sih katanya nggak wajib untuk alih jenis. Hanya saja, meski alih jenis harus tetap ngejar SKP (semacam poin kegiatan di luar perkuliahan). Mau tidak mau pun, kita harus ikut ESQ buat ngejar SKP.

sumber : https://www.facebook.com/

6. Life Mapping
Tanggal 26/27 Agustus 2015 dilanjutkan acara Life Mapping di ACC. Life Mapping ini diadakan oleh MHMMD (Mengelola Hidup & Merencanakan Masa Depan). Acara ini lagi-lagi tidak wajib untuk alih jenis, tapi sesuai dengan tujuan awal, sebagian besar dari kami hanya mengincar skp-nya, dan juga konsumsinya. Hehe. Acara ini sebenarnya bagus, untuk memotivasi para peserta agar punya perencanaan masa depan tanpa batas. Tapi hanya saja, penyampaiannya terlalu (mohon maaf) membuat para peserta mengantuk. Apalagi saya dan teman-teman ada yang duduk di tribun atas yang sound-nya tidak terlalu jelas dan suhu ruangan yang mendukung untuk tidur.

7. Penutupan
Display 36 UKM Unair menjadi acara puncak penutupan dari PPKMB Amerta. Kebetulan waktu itu saya bersama teman-teman alih jenis keperawatan memutuskan untuk hadir di acara itu, dengan alasan utama daripada bete di kos. Lumayan lah bisa ngeliat beberapa pertunjukan sekaligus konfigurasi dari ade-ade maba.

sumber : https://www.facebook.com/

Itu lah sederatan acara yang kudu di lalui oleh mahasiswa baru program alih jenis. Katanya sih kalau nggak ikutan PPKMB, terutama yang tanggal 18-22 Agustus 2015, kita nggak bisa dapat sertifikat yang digunakan untuk wisuda. Eits, tapi bukan itu aja syarat-nya, kita juga disuruh buat PKM supaya dapat sertifikatnya.
Acara ini sebenarnya sangat bermanfaat dan menyenangkan. Bisa tau lebih jauh tentang kampus, kegiatan di kampus, dan bisa kenal dengan teman-teman alih jenis yang fun banget. Lagi pula kita dikasih makan siang gratis, lumayan buat anak kos. Hehe. 
Tapi pada kodrat-nya setiap acara pasti ada cacatnya. Mulai persiapan air yang nggak matang, sehingga membuat orang-orang yang ingin berwudhu untuk shalat menjadi kebingungan karena nggak ada air. Hingga panitia yang nggak percaya kalau kami anak alih jenis, karena muka kami yang masih unyu gini. 
Ini baru awal dari perjalananku, aku masih harus melalui 2,5 tahun lagi untuk bisa lulus. Minta doanya ya semoga lancar hingga wisuda dan pelantikan Ners. Semoga bisa menjadi mahasiswa berprestasi disini. Aamiin..

Comments