Love Questions


Belakangan ini, ya sekitar beberapa bulan ini, aku mendadak sering dengerin radio. Bahkan bisa dibilang sekarang ini aku lebih doyan dengerin radio daripada nonton TV. Karena kalau dengerin radio, aku ngerasa kaya ada orang yang ngajak ngomong. Maklum jomblo. Pffft. Dan salah satu stasiun radio favorit aku itu RRI Pro2 Samarinda yang bisa kamu dengerin di 88,5 FM. Nah RRI Pro2 Samarinda ini setiap malam minggu malamnya, punya program Romantic Hour. Program ini adalah program dimana kamu bisa curhat tentang masalah percintaan kamu. Jadi buat kamu yang pengen curhat sambil nyari solusi tentang masalah mantan, gebetan, selingkuhan, atau pacar temen kamu, silakan bagi curhatan kamu di RRI Pro2 Samarinda ini setiap minggu malam jam 21.00.
Nah dari program ini, aku tiba-tiba tertarik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan percintaan yang sering menggoncang dunia permasyarakatan ini. Ya, siapa tau jawaban-jawaban dan saran-saran yang saya berikan sesuai dengan pengalaman saya ini membantu.

1. Aku punya pacar dan dia sering selingkuh, tapi aku selalu memaafkan dia. Sekarang dia masih tetap mengulangi perselingkuhannya itu, apa yang harus aku lakukan?
Yang harus kamu lakukan adalah pu-tus-in. Disaat laki-laki selingkuh, itu artinya dia sudah mengkhianatimu, dia bukan lagi orang yang bisa kamu percaya. Kalau kamu pacaran dengan niat mencari calon suami, kamu harus ingat, pacaran itu untuk saling mengenal, dan dia sudah mengenalkan dirinya kepada kamu kalau dia adalah seorang pengkhianat, lalu untuk apalagi kamu mempertahankannya? Kalau kamu pacaran dengan niat mencari kebahagiaan, kamu nggak bakal nemuin kehabagiaan dengan dia, yang kamu temuin hanyalah kepedihan dan ketidakpercayaan.


2. Aku punya pacar tapi dia selalu mengabaikan aku, tapi kami masih pacaran walau pun komunikasi kami gitu-gitu aja. Apa sebaiknya aku harus menyerah dan sama-sama menjauh?
Kamu nggak harus menyerah dan kamu nggak harus menjauh. Yang harus kamu lakukan adalah membiarkan dia pergi dengan kesibukannya dan kebahagiaannya. Kamu tau? Kamu nggak berkewajiban untuk selalu meresahkan ketidakhadirannya, mengkhawatirkan keberadaannya, dan menangisi pengabaiannya. Kamu juga berhak bahagia. Mungkin saat ini dia lagi nggak butuh kamu, mungkin saat ini dia masih pengen nikmati masa-masa muda dia dengan teman-temannya. Tapi toh akan ada saatnya nanti dia akan tersadar, apa yang sebenarnya dia butuhkan. Dan toh, kalau pun kalian berjodoh, kalian pasti akan bertemu kembali.


3. Kangen sama mantan itu boleh nggak sih?
Buat aku, kangen mantan itu wajar. Sama halnya dengan kita merindukan teman-teman dulu yang sudah lama nggak ketemu. Bedanya, kangen mantan itu kaya candu. Bikin kita ketagihan dan pengen ngulang masa-masa bersama dulu.


4. Aku baru jadian sama cowok, tapi aku jadian itu tanpa ada perasaan, aku hanya ingin move on dengan mantanku. Kira-kira yang aku lakuin ini bener nggak ya? Apa aku harus pertahankan hubungan ini atau sudahi saja?
Sudahi aja. Untuk move on, kamu nggak perlu mencari pelarian. Yang kamu perlukan adalah keikhlasan di hatimu untuk merelakan mantanmu dan mencoba berdamai dengan masa lalumu. Selain itu juga kamu hanya waktu, waktu untuk bertemu seseorang yang akhirnya bisa meruntuhkan hatimu yang dipenuhi oleh mantanmu.

Lirik lagu Katty Perry-Thinking Of You 
He kissed my lips, I taste your mouth. He pulled me in, I was disgusted with myself. Cause when I'm with him, I am thinking of you.

Lirik di atas itu pas banget buat gambarin kamu yang pacaran hanya untuk move on. Pacaran demi ngelupain mantan rasanya kaya gitu. Jalan sama pacar baru, tapi bayangin kalau itu mantan. Lagi makan sama pacar baru, tapi yang dipikirin mantan. Percuma.

5. Aku punya pacar, tapi mama aku nggak suka dengan pacar aku ini. Kata mama pacarku itu inilah, itulah, pendapatnya jelek terus pokoknya. Aku harus gimana ya menghadapi masalah ini?
Kalau aku jadi kamu, aku bakal putusin pacar demi mama. Kebanyakan Mama itu memiliki insting yang benar. Dan lagi pula aku yakin Mama kamu pengen ngelindungi kamu dari pacar-pacar yang berusaha untuk menyakiti kamu. Mama is always right, isn’t?



Maybe, that's enough for this post. Actually, I’m not talking as a love expert like Trols in Frozeen Movie or as a bijak people like Mario Teguh. I’m talking as somebody who have had some experience and experiment on love. Semoga bermanfaat!

Comments