Ayo Bangun Pagi!

sumber : http://bucurestifm.ro

Bangun siang itu emang nyenengin apalagi kalau kita emang nggak punya kerjaan di pagi hari. Dan aku pun termasuk golongan orang-orang yang sebenarnya doyan bangun siang kalau emang nggak ada yang dikerjain di pagi hari. Sebagai seorang muslimah, disaat bulan lagi datang, otomatis cuti shalat subuh dulu dong, nah di waktu itulah aku punya kesempatan untuk bangun siang, alias bangkong. Nah bahayanya, kalau sudah beberapa hari kebiasa bangun siang, bakal agak sulit untuk ngatur pola tidur agar bangun pagi kembali.
Tapi tenang saja, nggak usah sedih. Aku punya beberapa trik yang aku gunakan supaya bisa bangun pagi setelah berhari-hari bangun siang mulu. Mau tau apa saja trik-trik yang aku gunakan? Keep reading, guys!

1. Hindari minum kopi
Pasti udah nggak awam dong dengan wejangan yang satu ini? “Jangan minum kopi, nanti susah tidurnya” gitu. Sebenarnya ini nggak berlaku untuk semua orang. Terutama orang yang memiliki tingkat kepekaan yang rendah terhadap kafein yang terkandung dalam kopi, atau orang-orang yang emang udah sering minum kopi. Tapi buat orang-orang yang jarang minum kopi dan memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kafein, baiknya dihindari deh kalau emang niatnya mau bangun pagi.

sumber : http://image.slidesharecdn.com

2. Lakukan aktivitas yang berat di siang hari
Dianjurkan sekali untuk melakukan aktivitas yang berat dan bersemangat di siang hari. Seperti bekerja dengan giat, belajar dengan tekun, olah raga dengan rajin, lari dari kenyataan dengan kecepatan tinggi, mengubur kenangan masa lalu, dan banyak hal yang bisa dilakukan lainnnya. Dengan melakukan aktivitas di siang hari, kita mendorong adanya relaksasi pada tubuh kita. Sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak, dan kualitas tidur kita pun meningkat.

sumber : http://kurtbubna.com

3. Tidur antara jam 9 – 11 malam
Aku sangat menyarankan kepada kalian yang kesulitan untuk bangun pagi agar tidur diantara jam 9 sampai jam 11 malam. Kenapa? Karena jika kalian tidur antara jam 9 – 11 malam, kalian bisa memenuhi kebutuhan tidur kalian. Normalnya manusia, usia dewasa, membutuhkan tidur 6 – 8 jam sehari. 

4. Galauin tentang mantan sampai air matamu berlinangan
Oke, oke. Aku tau ini trik yang nggak masuk akal. Tapi jangan salah sangka. Ini manjur loh. Apalagi buat kalian yang susah untuk tidur cepat, dianjurin banget buat mikirin mantan pacar yang masih di sayang tapi nggak bisa digenggam lagi. Iya, ngenang mantan sampai meneteskan air mata. Ini sebenarnya rahasia pribadi aku, tapi demi kalian deh aku bocorin. Hampir setiap malam, aku kangen sama mantan. Bahkan sangking kangennya, aku sering meneteskan air mata. Karena kangen tapi nggak bisa ngapa-ngapain itu perih, bro. Dan setelah puas meneteskan air mata, mataku rasanya lelah, dan ngantuk banget. Akhirnya aku pun bisa tidur dengan pulas dan terbangun di pagi harinya.

sumber : https://dn3pm25xmtlyu.cloudfront.net

5. Atur alarm dengan volume suara besar yang diletakkan di dekat tempat tidur
Aku termasuk tipe orang yang kupingnya agak budek-budek dikit. Makanya aku selalu ngatur alarm dengan volume suara yang lumayan besar dan aku taroh di dekat tempat tidur. Walau pun ini suara alarm ganggu orang-orang lain di rumah, tapi mereka tetap tidur nyenyak kok. Hihi. 

sumber : http://cdn-media-1.lifehack.org

6. Gunakan dua alarm yang diletakan di dekat tempat tidur dan di daerah yang agak jauh dari tempat tidur
Biasanya sih karena kebiasaan make alarm, kita suka refleks matiin alarm saat alarm sudah bunyi walau pun dalam keadaan mata terpejam. Kalau emang begitu, maka kita harus siasati dengan memakai dua alarm. Satu untuk diletakan di dekat tempat tidur kita. Dan satu lagi diletakan jauh dari tempat tidur yang mengharuskan kita untuk bangun, kucek-kucek mata, dan berjalan beberapa langkah untuk mematikan alarm yang kedua ini. Alhasil mau nggak mau jadi kebangun deh.

sumber : http://media2.s-nbcnews.com

7. Minta kepada Tuhan untuk dibangunin pagi
Ini tips yang berbau rohani. Karena aku yakin apa pun agamanya, kita semua pasti diajari oleh kedua orang tua kita untuk berdoa sebelum tidur kan? Berdoa sebelum tidur merupakan ajang untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan selama sehari penuh, memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan selama satu hari, meminta perlindungan di saat tidur, dan bahkan meminta untuk dibangunkan di pagi hari.
Disaat aku mulai kesulitan untuk bangun pagi, sebelum tidur, aku meminta kepada Allah untuk membangunkanku di waktu subuh supaya aku bisa menjalankan shalat subuh. Dan tara, aku pun bisa terbangun sendiri bahkan sebelum adzan dan alarm berkumandang. Aku pun tersenyum dan berkata, “Allah ngebangunin”. 

sumber : http://pad1.whstatic.com

8. Sebut “besok harus bangun pagi” dalam hati mulai saat kamu memejamkan matamu hingga kamu terlelap tidur
Aku menyebutnya metode hipnotis diri sendiri. Biasanya aku menyebut “besok harus bangun pagi” dari awal memejamkan mata hingga tertidur. Aku terus menerus menyebut kalimat itu, berharap kalimat itu meresap hingga ke alam bawah sadar. Percaya atau enggak, tapi cara ini berhasil!

sumber : http://selfhypnosissequence.com

9. Saat kamu terbangun di pagi hari tapi keinginanmu untuk melanjutkan tidur lebih besar daripada hasrat untuk bangun pagi, sebut kata “Disiplin”
Ini sering banget kejadian. Alarm udah bangun, mata udah melek, tapi gaya gravitasi di tempat tidur jadi lebih besar dari biasanya. Dan alhasil kembali tidur lagi yang mengakibatkan bangun kesiangan. Dan di saat kondisi seperti ini, biasanya saat mataku ingin terpejam lagi, aku langsung berkata kepada diriku sendiri “kalau mau sukses ya harus disiplin!”. Aku pun biasanya langsung berdiri dan melakukan hal yang harus aku lakukan.

sumber : http://thedanrobertsgroup.com

Dan itulah beberapa trik yang aku gunain kalau aku berencana untuk bangun di pagi hari. Dan alhamdulillah, it works. Kalau kamu, apa trik yang biasa kamu gunain supaya bisa bangun pagi?

Comments