World AIDS Day

Sumber : http://starscafetaria.com/

Welcome December, welcome to end of the year. Today is 1st December, it means today is World AIDS Day. Yey! Selamat Hari AIDS Sedunia, ayo bersama-sama kita rangkul saudara-saudara kita yang menderita HIV/AIDS untuk menciptakan Indonesia yang bertoleransi.
Tanggal 29 November kemarin, berkaitan dengan tugas PBJL Imunologi dan Hematologi, angkatan B18 dan A13 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga bersama-sama mengadakan kegiatan pemeriksaan VCT untuk orang beresiko dan Social Entrepreneurship untuk ODHA. Kegiatan kami ini lakukan di Skate Park Taman Bungkul Surabaya.
After all, keseluruhan acara berjalan lancar. Meski pun dibalik itu terdapat banyak sekali hambatan untuk melaksanakan kegiatan ini. Aku sendiri masuk ke dalam Sie Kamjin dan salah satu pengabdianku untuk acara ini adalah mengantarkan surat undangan VCT ke Terminal Joyoboyo.
Pemeriksaan VCT yang kami laksanakan disponsori oleh Dinas Kesehatan Surabaya. Dinas Kesehatan ini sendiri mensyaratkan kami untuk mendatangkan orang-orang yang beresiko terkena HIV. Oleh karena itu kami berkewajiban untuk mendatangkan orang-orang yang beresiko dan ini menjadi salah satu job desk-nya Sie Kamjin. Dan tugasku dalam hal ini adalah mengantarkan undangan dan mensosialisasikan acara kami ini di Terminal Joyoboyo, dengan kata lain aku harus mensosialisasikan ini kepada supir-supir angkot yang berkaitan. And that won’t be easy.
Hari itu tanggal 24 November 2015, aku bersama mas bayu dan mas andri diberi amanat untuk pergi ke Terminal Joyoboyo. Karena beberapa hal, kami pun pergi ba’da ashar. Sesampainya di Joyoboyo, kantor dinas Joyoboyo sudah tutup, yang ada hanya tinggal satpam dan beberapa supir angkot yang masih setia menanti penumpang. Aku pun dengan optimis pergi ke arah kumpulan supir taksi untuk mencoba mensosialisasikan acara kami ini. Aku melangkah mendekat, tapi muka mereka mulai nggak enak. “Selamat sore, Pak. Kami mahasiswa dari Unair..”aku mencoba memulai percakapan.
“Nggak, mbak!” potong salah satu supir sambil melambai-lambaikan tangannya.
“Gini loh pak, sebentar saja. Ini kami dari Unair..” cobaku berbicara lagi.
“Nggak, mbak!” tolak sang supir sekali lagi.
“Apa sih?” tanya sang supir yang lainnya.
Dengan penuh harapan, aku pun mencoba berbicara kembali “Ini pak kami dari Unair. Hari Minggu nanti kami mengadakan acara di Taman Bungkul..” aku mencoba menjelaskan kembali dengan singkat.
“Nggak mbak. Disini nggak ada yang denger, soalnya kerjanya di suara keras semua” ujar salah satu yang lain diantara mereka.
“Oh gitu ya pak. Kalau begitu terima kasih ya pak” aku pun pergi dengan kecewa. Mereka bahkan belum memberiku kesempatan untuk berbicara. Setelah kejadian itu, kami bertiga pun memutuskan untuk kembali besok untuk pergi ke kantor dinasnya langsung.
Dijalan, aku pun mulai merenung. Apa aku menyebutkan kata-kata yang menyinggung perasaan mereka? Kenapa mereka nggak memberiku kesempatan untuk menyelesaikan kata-kataku? Kenapa mereka nggak berusaha menghargaiku? Aku cuma ingin didengar sebentar saja, tapi kenapa mereka enggan? Tanpa tersadar, air mataku pun mulai menetes. Inilah tugas yang paling membekas banget di hati.

Kembali ke Taman Bungkul. Mungkin dari kalian bertanya-tanya, apa sih VCT itu? Secara umum, VCT itu merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk melakukan pemeriksaan. Bagaimana sih VCT itu? Kebetulan kemarin aku memanfaatkan kesempatan untuk ikut sebagai peserta pemeriksaan VCT gratis. Jadi untuk pertama-tama, pemeriksa menanyakan biodata kita secara umum, dan menanyakan ‘Apakah pernah berhubungan badan?’ serta ‘Sudah pernah periksa berapa kali?’. Selanjutnya kita akan diambil darah dan diminta untuk menunggu hasilnya selama 20 menit. Dan alhamdulillah dari hasil pemeriksaan saya negatif.
Ya itu lah sedikit basa basi tentang kegiatan vct kami kemarin. Ayo kita periksakan VCT sedini mungkin. Jangan takut dan ragu untuk memeriksakan, apalagi kalau pemeriksaannya gratis. Hehehe. Oke intinya Happy World AIDS Day!


Note :
This's a latepost. Harusnya udah ngupload ini pas tanggal 1 Desember. Tapi berhubung jadwal kuliah yang padat dan tugas yang menumpuk, wifi di kos dan di kampus yang nggak mendukung, akhirnya baru bisa ngupload sekarang. Hihi.

Comments