Tanggal 16 Keatas

Sumber : http://3.bp.blogspot.com
Pertengahan atau bahkan akhir bulan merupakan saat yang paling tidak dinanti-nantikan oleh para pejuang rantau, karena masa ini adalah masa dimana uang di dompet tinggal segitu-segitunya aja. Aku sendiri udah sekitar tiga bulan belakangan ini ngerasain gimana nggak enaknya jadi anak rantau, terutama di akhir bulan. Apalagi pas Mamaku nelpon terus bilang, “Uang dihemat ya sampai awal bulan!”. Duh itu kalimat udah langsung bikin kepala cenat cenut.  Penasaran gimana nggak enaknya, check it out!

1. Harus banyak-banyak puasa demi menghemat porsi makan
Uang di dompet udah tinggal segitu-segitunya aja, bahkan udah nggak memungkinkan buat makan 3 x sehari, maka puasa menjadi jalan keluar satu-satunya untuk bertahan hidup. Udah bisa makin sehari sekali aja udah sukur banget. Jadi jangan heran kalau ngeliat anak kos yang rajin banget puasanya, kadang alasan utamanya adalah karena uang di dompet udah nggak mencukupi buat makan teratur. 
2. Cuma bisa ngiler mandangin foto makanan di Instagram
Pengen makan ini itu tapi apa daya uang di dompet tinggal segitu. Ngeliatin foto makanan di Instagram pun menjadi pemecah masalah. Meski nggak kenyang di perut, yang penting kenyang di mata dulu deh. (Baca : Itu pun kalau paket internet masih ada).
3. Tiap waktu minum air putih, biar sehat hemat
Perut laper, belum jam-nya makan, mau nggak mau ngenyangin perut pake air putih dulu. Murah, meriah, dan mengenyangkan walau hanya sementara. Setidaknya dengan Rp 14.000,- bisa menunda lapar perut lewat air segalon yang bisa dipake berhari-hari.
4. Jalan kaki supaya kuat hemat bensin
Duit di dompet sisa buat makan, itu pun cuma cukup buat makan sehari sekali. Belum lagi bensin motor udah skarat. Mau nggak mau harus jalan kaki dulu. Atau setidaknya nebeng teman dulu.
5. Anteng di kos
Pengen jalan, tapi nggak punya duit. Mau nggak mau cuma bisa diam di kos sambil menanti datangnya awal bulan. Bete, bosen, osok, ditelen aja. Cuma bisa nangis dalam hati ngeliat sosmed teman yang lagi hangout dan makan enak di restoran.
6. Banyak berdoa sama Allah supaya diturunkan makanan dari langit
Laper, nggak ada duit, nggak punya gebetan yang mau traktir makan, nggak punya om-om yang mau ngasih duit. Cuma bisa berdoa sama Allah supaya diturunkan makanan dari langit. Siapa tau tiba-tiba ada malaikat lewat sambil bawa martabak, terus nyinggah di kos.
Sumber : https://scontent.cdninstagram.com/
7. Banyak ngeles pas diajak hangout sama teman
Teman pada ngajak hangout, tapi budget lagi nggak mendukung. Mau nggak mau harus ngeles dulu supaya bisa nggak ikut jalan. Mulai dari ngeles nganterin ibu kos belanja, janji nemenin bapak kos jagain kandang ayam, ngapelin pacarnya teman, sampai ngaku lagi diculik sama om-om cabul.
Itulah beberapa hal yang kerap terjadi pada mahasiswa di akhir bulan. Dan buat kamu yang pernah ngalami hal-hal di atas ini, tenang aja, insyallah kamu nggak menderita sendirian kok. Aku sendiri belum menemukan tips yang tepat untuk menangani kejadian-kejadian di atas ini selain, telpon nyokap-bokap dan ngaku kalau duit lo abis. Beruntung kalau orang tua kamu mau prihatin dan ngirimin duit. Lah kalau cuma dapat omelan, ya selamet deh, artinya kamu kurang beruntung. Tapi bagaimana pun keadaannya, semoga kita, para anak rantau yang sedang berjuang menuntut ilmu di negeri orang, selalu diberikan kecukupan oleh Allah. Amiin. Semangat berjuang menuju sukses!

Comments

  1. Minta traktir temen aja mba, hehe. pengalaman...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas. Masalahnya kalau minta traktir teman, kasian, sama-sama akhir bulan, masa-masa penyelamatan kehidupan :D

      Delete

Post a Comment