Ini Ramadhan-ku dulu, Ramadhan-mu mana?

Yey! Alhamdulillah, Ramadhan is coming. Marhaban Ya Ramadhan. May Allah forgive all of our sins in this holy month, give us opportunity to do more good deeds, accept all our ibadat and duas during this blessed month. Inshallah.
Sebelumnya aku mau minta maaf ya kalau selama ini ada perbuatanku yang tidak berkenan di hati kalian semua. Selain itu juga aku minta maaf kalau kecantikan aku ini pernah membuat pacar-pacar kalian tergoda #eh. Hehe. Ohiya, buat kalian yang sering ngomongin aku dari belakang, tenang aja kalian udah aku maafin. Buat kalian juga para-para mantan, baik yang udah nganggurin aku, yang udah selingkuhin aku, yang udah nipu aku, yang udah ninggalin aku demi wanita lain, tenang aja, kesalahan kalian udah aku maafin semua. Eits, tapi dimaafin bukan berarti dilupain ya *pasang tatapan sinis* HAHA.
Waktu berlalu begitu cepat. Rasanya baru kemarin aku belajar untuk puasa, sekarang sudah harus belajar jadi istri yang baik aja #eh #apaini. Bahagia banget kalau ngeliat anak kecil yang ucuk-ucuk jalan ke mesjid bareng teman-temannya buat tarawih, membuat aku mengingat Ramadhan-ku di masa kecil dulu. Wait a minute, I think it will be fun if talk about my childhood memory of Ramadhan. Are you interested? Keep scrolling down!


Sahur dibangunin sama teman-teman via gendang sahur keliling


Jadi dulu waktu kelas 5 SD, ada kakak kelas aku namanya Rizky yang katanya naksir aku. Wajar sih, secara gue cantik gini. Nah Rizky dan teman-temannya ini tinggalnya di sekitar rumahku, hanya berbeda gang aja. Kebetulan mereka ini suka ikutan main gendang buat bangunin orang sahur. Alhasil saat mereka lewat rumahku, mereka suka sengaja teriak, “Ki, bangun ki!” atau “Ki, sahur ki!”. Dan kejadian ini berlangsung selama beberapa tahun. Suka senyum-senyum sendiri deh kalau dengar mereka lewat terus teriak-teriak kaya gitu. It was totally weird but I liked it, and I miss it.

sumber : http://3.bp.blogspot.com/

Libur sekolah selama sebulan dengan PR Buku Ramadhan

Dulu itu bulan Ramadhan artinya libur selama sebulan lebih, khusus untuk Ramadhan. Tapi sayang, semenjak aku SMA, rasa-rasanya libur di bulan Ramadhan sudah mulai dikurangi. Ohiya ingat nggak? Dulu waktu SD sampai SMP, sebelum liburan Ramadhan, kita selalu dikasih “sangu” sama guru. Yep, sangu itu berupa buku Ramadhan. Itu tuh buku yang isinya kaya checklist, kita puasa atau enggak, sholat lima waktunya gimana, tarawih sering atau enggak, ceramah waktu tarawih apa aja, sampai ke solat ied juga. Dulu ingat banget habis selesai tarawih, bareng teman-teman ‘ngeroyokin’ imam-nya buat minta tanda tangan. Dan sesekali kena marah karena ribut waktu tarawih. Hihi lucu deh.

sumber : http://3.bp.blogspot.com/

Mengisi puasa dengan membantu Mama bikin kue, main sama Dede, atau cukup dengan main PS sendirian di kamar sepanjang hari

Dulu aku bersyukur banget dilahirin di keluargaku ini, karena aku punya Mama yang pinter bikin kue. Eit, tapi bukan berarti sekarang aku nggak bersyukur ya. Dari dulu sih, bahkan sampai sekarang, yang paling aku suka dari Ramadhan itu ya bantuin Mama bikin kue buat lebaran. Bantu ngolah adonan, ngubah bentuk adonan jadi kue-kue yang cantik, nyium bau kue yang baru mateng. Nikmatnya Masya Allah. Eh tapi kalau Mama lagi nggak bikin kue, biasanya sih aku anteng main PS di kamar. Bahkan bisa sampai seharian. Tapi untuk ini, aku harus rebut-rebutan dulu sama kakakku supaya bisa main dengan leluasa. Hehe. Biasanya sih yang aku mainin itu Harvest Moon Back to Nature, Breath of Fire, Legend of Dragoon, Final Fantasy, Crash Bandicoot, Tomb Raider, Tomba dan banyak lagi. Pada ingat nggak game-game itu? Iiih pokoknya asli seru banget deh. Selain itu, aku juga punya tetangga, kami memanggilnya Dede. Nah dia ini temanku sejak TK, dulu kami TK-nya bareng di TK Cendrawasih, dan dia itu dulu sering banget main ke rumahku, termasuk saat libur Ramadhan. Biasanya pagi atau siang dia sudah nongol di rumahku buat main, terus agak sorean gitu dia pulang. Dulu itu yang kita suka mainin itu asin, rumah-rumahan, masak-masakan, atau malah main PS (biasanya nih duel main CTR atau main Bishi Bashi Special).

sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Disaat lapar melanda, buku resep makanan jadi alat andalan penunda lapar

Dulu itu Mama hobby banget ngumpulin buku resep makanan, sampai sekarang sih. Cuma dulu itu buku-buku Mama disimpan rapi, kalau sekarang bukunya udah nggak bisa dideteksi lagi keberadaannya sangking suka naroh sembarangan. Nah dulu kalau udah masuk jam-jamnya laper, biasanya aku buka buku resep makanan Mama, ngeliat foto-foto makanan wueeeeeenaak diliat, dan tau-tau ngerasa kenyang sendiri. Hihi. Ini sebenarnya kebiasaan dari kecil, dan kadang-kadang masih terbawa sampai sekarang. Bedanya dulu ngeliat foto-foto makanannya di buku resep Mama, kalau sekarang sih lewat Instagram. Eh ngomong-ngomong jangan di tiru ya adik-adik!

sumber : https://pixabay.com/

“Lorong Waktu” jadi teman ngabuburit

Anak 90-an mana suaranyaaa?!!! Aku yakin deh anak-anak tahun 90-an pasti kenal banget sama serial religi yang tayang setiap Ramadhan di SCTV ini. Serial religi yang memiliki 6 seri yang dimulai dari tahun 1999 sampai tahun 2006 ini menceritakan tentang penemuan lorong waktu yang bisa mengirim seseorang menjelajahi masa ke masa dan menemui nilai-nilai kehidupan yang luar biasa. Sukaaaaa banget deh sama ini serial religi. It was highly recommended TV series!

sumber : https://lh4.googleusercontent.com/

Tarawih merupakan hal yang favorit dimana bisa manjadi ajang meet up dengan teman-teman

Dulu waktu SD, anak-anak seumuranku itu pada rajin banget tarawih. Bahkan disana itu nggak jarang jadi ajang nyari teman. Kenalan dengan teman baru, ngobrol bareng, nyontek catatan ceramah bareng, digodain sama anak laki-laki, hihi seru deh. Biasanya nih kita anak-anak ngumpul jadi satu di tempat paling belakang, jadi kalau ribut ya bakal ketauan. Dulu anak-anak itu tarawihnya lucu, kalau capek shalat ya setop, kalau lagi pengen shalat ya ikuti imam. Tapi nih biasanya kalau kita lagi nggak ikut shalat dan asik ngobrol, di saat tahiyat akhir, kita pura-pura shalat gitu biar ibu-ibu di depan kami mikirnya kalau kami itu shalat, bukannya ribut. Hihi. Ada juga nih, di setiap ada jadwal ceramah, kita itu pasti pada lepas mukena dan pergi ke warung buat jajan Mi kering. Terus makan deh mi-nya di mesjid sambil nungguin ceramah selesai.

Nggak nyangka ya rasanya kalau ternyata aku pernah punya Ramadhan yang begitu menyenangkan di masa kecil. Bahagia banget kalau ingat nikmatnya bisa melewati Ramadhan bersama keluarga dan teman-teman. Rasanya mau terjatuh air mata ini mengingat mulai bulan Agustus ini aku harus ninggalin rumah untuk melanjutkan kuliah. Itu membuatku bertanya-tanya, akankah aku akan bisa punya kesempatan melewati Ramadhan kembali bersama keluargaku di rumah? Ah nggak perlu rasanya kupikirkan sekarang, nikmati sajalah waktu yang tersisa sekarang ini. Eh btw, kira-kira anak zaman sekarang gimana ya ngelewati Ramadhannya? Tapi yang pasti sih, aku masih menemukan beberapa anak yang masih suka tarawih bareng sama teman-temannya sambil bawa buku Ramadhan, meski sekarang populasinya mulai berkurang. 
Tapi nyadar nggak sih? Tahun demi tahun berlalu, zaman semakin berubah seiring dengan bertumbuhnya kita. Dulu Ramadhan merupakan masanya kita puas-puas bermain dengan teman karena liburan yang panjang, sekarang kita malah lebih asik sendiri dengan layar smartphone kita. Dulu kita akan tersenyum saat berpapasan dengan orang lain saat sedang berjalan menuju masjid, sekarang mata kita hanya terfokus dengan layar smartphone kita tanpa memerdulikan lingkungan sekitar saat kita berjalan menuju masjid. Betapa zaman sudah berubah begitu jauh. Kini kita hidup di zaman sosial media, yang katanya mendekatkan yang jauh, namun nyatanya menjauhkan kita dengan yang dekat. Kita tiba-tiba berubah menjadi sosok orang yang begitu individualisme dan tidak begitu perduli dengan lingkungan sekeliling kita. Sedih banget rasanya. Seolah-olah rasa sosialisme kita sudah menghilang dimakan zaman.

sumber : http://www.patrickwardphd.com/

Dan ada satu hal lagi yang membuatku risih, yaitu tentang orang-orang yang selalu nge-share segala kegiatan ibadahnya di sosial media. Pergi ke mesjid, check in dulu di path. Habis ngaji, selfie dulu, terus upload di instagram. Mau shalat tarawih, update dulu di BBM. Oke, aku ngerti, sekarang kita memang hidup di zaman yang dikit-dikit update status, dikit-dikit pamer di sosmed, tapi sebaiknya tidak dalam hal ibadah. Ya memang sih mungkin diantaranya memang ada yang berniat untuk mengingatkan sesama, tapi nggak sedikit juga yang terselip niat untuk memamerkan ke orang lain. Kan sayang kalau pahala ibadahnya hilang hanya karena status. Seperti yang dikutip dari twitter @felixsiauwSembunyikanlah amal selagi mampu, biarlah hanya Allah yang tahu.

sumber : https://30hari30ayat.files.wordpress.com/

Dan disini aku pengen banget ngajak teman-teman, untuk menjaga jarak dengan smartphone kita masing-masing di Ramadhan ini. Cukup sudah kita memprioritaskan smartphone kita di atas segalanya. Yuk selama 1 bulan ini, kita jaga kemesraan kita dengan Allah melebihi kemesraan kita dengan smartphone kita. Yuk selama 1 bulan ini, kita tingkatkan perhatian kita dengan lingkungan di sekitar kita. Yuk selama 1 bulan ini, kita berhenti dulu update status tentang ibadah-nya di sosial media. Yuk selama 1 bulan ini, kita biarkan amal ibadah kita tersembunyi layaknya kita selalu menyembunyikan aib kita. Dan semoga dengan ini kita nggak akan menjadi orang-orang yang merugi di bulan Ramadhan. 
Ohiya kalau masa kecil Ramadhan kamu gimana? Ayo dong ceritain juga disini!

Comments