Kuliah Singkat Untuk Sukses


Sukses adalah satu kata yang menjadi tujuan dari setiap kepala manusia. Setiap manusia pasti ingin sukses, sukses dalam pendidikan, sukses dalam pekerjaan, sukses dalam asmara, sukses dunia akhirat, sampai sukses ngerjain orang. Sukses itu gampamg untuk orang yang beruntung tanpa bekerja keras, tapi di sisi lain sukses itu sulit bagi orang yamg kurang beruntung walau pun sudah bekerja keras sampai gagal berulang-ulang kali.
Kali ini aku bakal mencoba memberikan tips-tips sukses ala Ardilah Dwiagus Safitri yang cantik dan imut sekali ini. Saya memberi tips ini bukan berarti saya sudah sukses, tapi saya hanya ingin mencoba memberikan pengingat buat saya sendiri untuk menggapai sukses. Hehe. Mau tau apa aja tips nya? Yuk terus scroll ke bawah ya!

1. Bermimpi
Bisa milikin kamu? Itu cuma mimpih!
First step-nya untup meraih sukses itu ya ini "bermimpi". Percaya deh, hampir setiap kesuksesan itu berawal dari mimpi. Karena dari mimpi kita akan mulai menyusun ancang-ancang untuk mewujudkan cita-cita kita. Gimana kita mau sukses kalau kita belum mimpiin sukses apa yang kita inginkan? Setinggi apa pun mimpimu, se-impossible apa pun bagimu untuk mewujudkan mimpimu, kamu harus percaya kalau nggak ada yang nggak mungkin, kamu harus tanamkan dalam hati kalau kamu punya Allah yang Mahabesar untuk mewujudkan mimpimu. Les't dream and make it come true.Sebagai contohnya nih, Sutijah adalah perempuan dengan tampang biasa-biasa saja dan sederhana berminpi ingin memiliki suami ustadz ganteng yang kaya raya. Mimpinya ketinggian? Ah nggak apa-apa, yang penting mimpi dulu setinggi-tingginya, mimpi nggak bayar kok!

2. Bikin agenda
Catet utang yang harus dibayar
Ini nih cara gimana mimpi kita bisa menjadi nyata, yaitu dengan membuat agenda. Agenda itu penting loh teman-teman, kadang kita emang suka ngeremehkan agenda, ngerasa otak kita masih tajam untuk mengingat hal apa saja yang harus kita lakukan atau kegiatan apa saja yang akan kita hadiri. Tapi jangan sombong dulu, kadang yang namanya "lupa" itu suka nyinggah ke diri kita, itu kenapa sebenarnya semua orang butuh agenda. Selain itu agenda juga bisa berisi hal-hal yang harus kita kerjakan dalam meraih mimpi atau berisi mimpi-mimpi kita yang ingin kita raih, hal ini pasti lebih memudahkan kita untuk meraih mimpi. Jadi, kalau punya waktu senggang atau binggung mau ngapain, buka aja deh agenda terus liat deh apa aja yang bisa kita lakuin buat cicilan mewujudkan mimpi kita.Contohnya, Sutijah ingin punya suami ustadz ganteng dan kaya raya maka Sutijah harus menulis beberapa hal yang harus dia lakukan untuk mendapatkan suami idamannya itu seperti rajin ikut ceramah supaya ilmu agama nambah, ke tempat perawatan kulit biar makin cantik, kursus masak biar suami betah di rumah, dan masih banyak lagi.

3. Berusaha
Seorang anak yang "berusaha" membahagiakan orang tuanya
disaat ia bisa saja meninggalkan orang tuanya yang nggak
berdaya di suatu tempat entah dimana
Ini yang paling penting dalam meraih sukses, yaitu berusaha. Untuk apa bermimpi, untuk apa menulis agenda, bila tidak ada tindakan. Mimpi tanpa tindakan ya akan hanya jadi mimpi. Tindakan tanpa mimpi ya akan hanya jadi biasa-biasa saja. Tapi, tindakan + mimpi = sukses (Insya Allah). Jangan biarkan suksesmu tertunda karena kamu menunda untuk memulai atau melunasi cicilan perwujudan mimpimu. Jangan biarkan "malas" menggagalkan kesuksesanmu. Mari bangun semangatmu, langkahkan kakimu, ayunkan tanganmu, tegakkan kepalamu, kita raih mimpi!
Sutijah is on. Dalam mewujudkan mimpi Sutijah yang ingin memiliki suami ganteng nan kaya raya maka Sutijah harus mulai beraksi untuk ke salon tiap hari (karena dia emang keryawan salon keleus), ke pengajian setiap malam minggu, dan hal-hal yang lainnya yang sudah dia tuliskan dalam agendanya. Hal ini dilakukan dalam upaya mendapatkan mimpi yang ia inginkan.

4. Berdoa
Ya Allah ampuni hamba-Mu ini
yang sering nitip absen waktu kuliah
Salah satu hal terpenting tapi paling suka di lupakan oleh orang-orang adalah berdoa. Kadang kita berusaha terlalu keras untuk menggapai mimpi yang ingin kita raih, tapi sangking tekunnya kita berusaha, kita lupa berdoa, kita lupa akan Tuhan yang sebenarnya memberikan kesuksesan, kita lupa akan Tuhan yang memberi kemudahan di setiap jalan menuju kesuksesan kita. Kita selalu beranggapan bahwa setiap kesuksesan yang kita raih itu berkat kerja keras kita selama ini, iya kerja keras memang menghasilkan kesuksesan tapi dibalik itu Tuhan lah yang mengatur. Di setiap langkah kita, di setiap nafas kita, di setiap denyut nadi kita, itu adalah anugerah Tuhan. Dan untuk meraih kesuksesan, kita sudah sepatutnya berdoa kepada Tuhan, bahkan kita juga perlu melakukan ibadah-ibadah yang lainnya, agar Tuhan luluh, agar Tuhan merestui kesuksesan yang ingin kita raih.
Kita lanjutnya kisah tentang Sutijah, Sutijah yang ingin memiliki suami ustadz ganteng yang kaya raya selalu berdoa agar Tuhan menjodohkannya dengan suami yang ia inginkan, karena jodoh diatur oleh Tuhan. Maka Sutijah selalu berusaha, selalu beribadah, selalu berdoa agar dia pantas memiliki suami seperti yang ia inginkan.
Ngomong-ngomong aku punya cerita, sekitar 3 bulan yang lalu aku harus menghadapi sidang untuk menentukan kelulusanku Pendidikan D3 Keperawatan yang sedang aku tempuh. Hari-hari menjelang sidang, aku merasa nggak enak badan, aku demam berhari-hari, batuk nggak karuan, hingga saat malam menjelang sidang aku nggak bisa belajar karena badanku yang nggak bisa diajak kerja sama. Hari H sidang, aku mendapat jadwal sidang jam 10, tapi saat itu teman-temankuyang memiliki jadwal sidang terlebih dahulu daripada aku ternyata nggak bisa sidang tepat waktu, maka aku lah yang menjadi tumbal alias orang pertama yang menjalani sidang saat itu. Saat sidang, konsentrasiku mulai terganggu, tenggorokanku kering nggak karuan, belum lagi aku harus menahan batuk (waktu itu aku punya gejala batuk-batuk sampai mau muntah), aku nggak bisa konsentrasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penguji, dan waktu itu aku menduga kalau nilai ujianku ini pasti nggak bakal bagus. 3 bulan kemudian, hari dimana akhirnya saya dan teman-teman saya di Yudisium, hari itu aku udah menyiapkan diri untuk kecewa, aku siap menerima nilaiku yang nggak akan bagus, tapi ternyata saat dibacakan nilai IPK pada Ujian Tahap Akhir aku mendapatkan nilai 3,9. Alhamdulillah, aku bahkan nggak menyangka kalau nilaiku akan sebaik itu. Nilai moral dari cerita ini adalah kita bisa saja menemukan hambatan-hambatan pada jalan kesuksesan kita, tapi kita nggak boleh lupa kita punya Tuhan yang selalu membantu kita apabila kita selalu berdoa dan beribadah kepada-Nya.

5. Perbanyak relasi
Mas, Mbak, liat jodoh saya yang mana nggak?
Relasi merupakan investasi terpenting dalam meraih kesuksesan. Relasi dapat menghubungkan kita dengan kesuksesan kita. Makin banyak relasi, makin bagus. Makin banyak kenalan, makin mudah.Sutijah. Sutijah yang ingin memiliki suami ustadz ganteng yang kaya raya memiliki teman yang banyak dan menyebar dimana-mana, di Semarang,di Brunie, di India, di Lombok, di Genteng, sampai di Bak Mandi. Suatu hari Sutijah mengikuti ceramah yang diisi oleh ustadz ganteng yang kaya raya, kemudian Sutaji bertemu teman pengajiannya dan ternyata teman pengajiannya itu merupakan adik dari ustadz ganteng tersebut, dam akhirnya Sutidjah pun dikenalkan oleh sang ustadz.

6. Selalu membantu orang lain
Aku akan membantu membersihkan tanganmu yang berdebu
 karena lama nggak digandeng
Kadang kita suka nggak respek, ada orang lain yang butuh bantuan tapi kita pura-pura nggak tau. Kadang kita suka budek mendadak, ada orang lain minta tolong pinjem duit 10 milyar, kita pura-pura nggak dengar. Kadang kita suka tiba-tiba buta, ada orang lain melambaikan tangan sambil mengibarkan bendera minta tolong, kita pura-pura nggak liat, tapi kalau orang itu berubah melambaikan duit segepok, kita langsung tiba-tiba ngeliat dengan jelas dan lari secepat istri yang mergokin suaminya lagi selingkuh. Suka membantu orang lain merupakan salah satu investasi terbesar yang bisa dimiliki oleh manusia. Kalau kita suka membantu orang lain yang kesusahan, selain dapat pahala, kita juga bisa balik dibantu oleh orang lain jika kita yang mengalami kesusahan. Ada satu kepercayaan yang saya anut yang mana membuat saya agak takut untuk nggak membantu teman saya bila teman saya kesusahan, yaitu saya takut jika saya nggak membantu teman saya atau orang lain yang kesusahan maka suatu saat nanti saat saya mengalami kesusahan, nggak akan ada orang yang membantu saya.
Alkisah Sutijah yang menginginkan suami ustadz kaya nan ganteng merupakan sosok perempuan yang baik dan suka membantu orang lain. Suatu hari dia bertemu dengan nenek-nenek yang sedang mencari alamat palsu, Sutijah pun mengantar nenek ke rumah Ayu Ting-ting supaya bisa dijelaskan lebih lanjut dimanakah alamat palsu yang ditujukan tersebut. Sang nenek pun amat senang karena selain dia mengetahui jika alamat palsu itu hanyalah sebuah lagu, sang nenek juga bisa bertemu dengan artis dangdut favoritnya. Berkat bantuan Sutijah, sang nenek pun kagum dengan kebaikannya, kemudian sang nenek membantu menjodohkan Sutijah dengan ustadz ganteng nan kaya raya yang ternyata merupakan anak dari sang nenek tersebut.

7. Restu orang tua
Ibu dan Bapak Restua kalian menikah asalkan tiap bulan
tetap kirim duit
Kita suka berpikir bahwa restu orang tua bukan lah suatu hal yang penting dalam meraih cita-cita. Kita suka mengabaikan nasehat orang lain, kita suka memilih untuk menjalani kehidupan kita dengan pilihan kita sendiri tanpa memikirkan teguran dari orang tua, dan akhirnya kita pun suka menyesal di akhir cerita. Orang tua merupakan utusan dari Tuhan. Bisa dibilang orang tua merupakan Tuhan kedua kita, oleh karena itu kita wajib berbakti kepada mereka. Tentang restu orang tua, banyak anak yang gagal di jalan yang ia pilih karena mereka menjalani pilihan yang nggak di restui orang tua. Saya pernah membaca buku dari Mas Irfan Amalee, beliau menceritakan kerja keras beliau yang selama 4 tahun mengejar beasiswa ke luar negeri namun beliau selalu gagal, dan kegagalan beliau ini salah satunya karena ibu beliau belum merestui keinginan beliau untuk menlanjutkan pendidikan di luar negeri. Pada saat tahun ke empat, beliau lagi-lagi mencoba untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Kemudian beliau meminta restu dari orang tua beliau, dan akhirnya kedua orang tua beliau pun merestui. Dan tanpa disangka-sangka, setelah berpuluh-puluh kali beliau gagal dalam mencoba mendapatkan beasiswa, akhirnya beliau mendapatkannya setelah direstui oleh kedua orang tuanya. See? Dasyat bukan kekuatan dari restu orang tua itu?
Kita lanjut tentang Sutijah. Pada suatu hari di saat ustadz ganteng nan kaya raya ingin mengkhitbah Sutijah di kediaman orang tuanya setelah akhirnya mereka di pertemukan dan merasa ada ketertarikan antara satu dengan yang lain, namun pada prosesi acara kedua orang tua Sutijah tidak merestui hubungan mereka karena umur Sutijah yang masih 12 tahun dan sang ustadz yang masih 14 tahun. Dan mereka pun gagal menikah dalam waktu dekat. 

8. Pantang menyerah
Aku nggak bakal menyerah untuk mengejar cinta kamu
Untuk menjadi sukses, untuk menjadi seorang pemenang, kita harus memiliki sifat pantang menyerah. Kita harus jadi sosok yang selalu optimis dan nggak gampang nyerah meski badai cintai sebelah tangan menghadang. Untuk menjadi sukses, kita harus berkenalan dengan kegagalan, dan berteman dengan pantang menyerah, agar kita nggak gampang menyerah saat kegagalan selalu datang. Seperti kata motivator di TV, “Gagal? Coba lagi! Gagal lagi? Coba lagi. Masih gagal lagi? Ya coba lagi.”
Episode terakhir dari Sutijah. 9 tahun kemudian Sutijah akhirnya berumur 21 tahun dan sang ustadz berumur 23 tahun. Sutijah sudah beribu-ribu kali meminta restu dari kedua orang tuanya agar merestui hubungannya dengan sang ustadz. Akhirnya setelah beribu-ribu kali bujukan yang dilakukan oleh Sutijah dengan pantang menyerah, orang tua Sutijah akhirnya merestui hubungan mereka pada bujukan yang ke 1530. 190 bulan kemudian mereka menikah dan hidup bahagia.

Itulah 8 tips sukses yang aku bisa berikan, dan Insya Allah berguna bagi kita semua. Buat teman-teman yang punya tips lain, bisa share di comment box dibawah ya atau mention di @dilafzy. Terima kasih sudah membaca, dan selama mengaplikasikan!

Comments