Fenomena 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan

sumber : http://ibumenyusu.com/

I have been living in this city for almost 21 years. Jadi sudah tau banget lah seluk-beluknya fenomena alam manusia yang terjadi di kota ini, terutama saat menjelang lebaran. Dan berikut fenomena-fenomena yang sering terjadi dari zaman ke zaman!


1. Mall dan pasar yang lebih ramai daripada masjid

Sedoyan-doyannya aku ngemall, aku paling males kalau udah di ajak ke mall atau pasar waktu dekat-dekat Lebaran. Rame, panas, ribut, rempong banget pokoknya. Udah kaya lautan manusia. Biasanya sih tempat paling rame itu ya di toko-toko baju atau sepatu gitu. Dan jamaah di tempat perbelanjaan ini berbanding terbalik dengan jamaah masjid.
sumber : https://freakfloyd.files.wordpress.com/

2. Bau kue kering mulai tercium dimana-mana
Lebaran artinya pesta kue kering. Dan sebagian dari rumah yang merayakan lebaran membuat kue kering buatan rumah sendiri. And this is the best part of making cookies. The smell of cookies which have been baked is so wonderful. Nggak ada yang ngalahin deh baunya kalau udah lewat rumah-rumah yang lagi bikin kue!

3. Hanya tersisa 2 - 3 baris jamaah shalat tarawih
sumber : http://2.bp.blogspot.com/
This thing always makes me wanna shake my head. Awal Ramadhan, hampir semua mesjid rame banget, riuweh pokoknya. Semua orang terlihat menggebu-gebu banget buat shalat tarawih. Memasuki pertengahan Ramadhan, jumlah jamaah pun ikut-ikutan tinggal setengah. Dan yang biasanya dijadikan alasan utama untuk menghindari shalat tarawih pada pertengahan Ramadhan ini adalah banyaknya undangan untuk buka bersama. Hari-hari terakhir Ramadhan, masjid makin sepi. Hanya tersisa 2 - 3 shaf shalat, yang berisi orang-orang yang memang masih semangat nyari perhatiannya Allah dan anak-anak yang lagi ngejar buat menuhin buku Ramadhannya.

4. Money changer menjamur di setiap sudut
Money changer yang dimaksud disini bukan money changer untuk penukar mata uang negara lain loh ya. Melainkan untuk penukar uang receh, dua ribuan, lima ribuan, dll. Para money changer dadakan ini biasanya nangkir di pinggir jalan. Eh tapi coba deh kamu cari di hati kamu, siapa tau ada money changer juga #eaaaa.
Uang receh ini biasanya digunain buat ngasih para sepupu-sepupu, anak tetangga, keponakan-keponan, dan anak-anak yang datang ke rumah entah darimana asalnya, sebagai angpao atau THR. Aku sendiri masih belum tau darimana asal muasalnya budaya ngasih THR ke anak-anak ini. Yang pasti hampir di setiap rumah pasti nyiapin uang receh ini untuk ngasih anak-anak kecil yang berlebaran ke rumah mereka, entah dikenal atau pun enggak.
sumber : http://intisari-online.com/

5. Renovasi rumah berjamaah
Liburan sudah tiba dan lebaran sebentar lagi mampir. Ini waktunya anak-anak bekerja keras untuk diminta bantuan bersihin rumah. Dulu aku termasuk salah satu anak yang suka kabur kalau disuruh bersih-bersih rumah. Mulutku nggak pernah berenti ‘mencucu’ kalau udah disuruh ngelap-ngelap kaca. Sampai akhirnya aku pernah protes ke Mamaku. “Ngapain sih capek-capek bersihin rumah tiap lebaran?” ucapku dengan nada kesal.
“Bentar lagi lebaran, banyak orang datang. Kan malu kalau rumahnya kotor” jelas Mamaku.
“Teman-teman Dila jarang ada yang datang, jadi Dila nggak usah bersih-bersih ya?” ucapku merayu. Hihi...

6. Mudik yo mudik!
Menjelang lebaran, para anak-anak perantauan kembali ke kotanya. Disaat-saat inilah banyak bukber-bukber dan temu kangen diadain. Dan keadaan jalanan biasanya, entahlah aku bukan pengawas jalanan. Pffft..
sumber : http://abiummi.com/

Hi guys! It is still Ramadhan, isn’t it? Kenapa nggak kita manfaatkan sisa-sisa terakhir Ramadhan ini untuk semakin khusyuk beribadah, toh selama ini kita sudah cukup disibukan dengan kegiatan dunia kan? Yuk, fokus lagi ke Ramadhan-nya. Sisa berapa hari ini doang. Kalau lebaran mah bisa sambil nyambi kali. Umur nggak pernah tau, siapa tau ini Ramadhan terakhir kita? Tapi semoga semangat Ramadhan kita tetap berjaya sampai hari kemenangan nanti ya. Selamat beribadah!

Sumber : http://i1.ytimg.com/

Comments