8 Kuliner Murah dan Enak di Surabaya (Part 2)

May 02, 2018

Modifikasi dari Wikipedia




Melanjutkan postingan sebelumnya tentang 8 kuliner murah dan enak di Surabaya. Kali ini aku akan kembali memberikan informasi 8 tempat makan lainnya, yang tentunya dengan harga terjangkau dan enak, di Surabaya. Penasaran nggak sih?

Kakkk, Ayam Geprek !!!
Tempat makan yang pertama, saya rekomendasikan untuk kalian yang suka makan-makanan pedas, yaitu Kakkk, Ayam Geprek !!! Tempat makan spesial nasi ayam geprek & aneka es ini menyediakan berbagai jenis makanan, diantaranya ayam geprek (dada / paha atas / paha bawah / sayap), usus, paru, empal, babat, udang, tahu, tempe, telor, sop, dan gorengan, serta berbagai minuman. Untuk berhemat, tempat ini menyediakan menu paket ayam geprek yang sudah mencakup ayam geprek (sesuai dengan paketnya A / B / C), nasi, dan sop. Tapi, buat orang-orang yang nggak terlalu bisa pedas, nggak perlu khawair, karena tempat ini menyediakan ayam geprek dengan lombok besar sehingga rasanya nggak pedas-pedas banget kok.
Kakkk, Ayam Geprekkk !!! ini terletak di Jalan Dharmawangsa Nomor 115. Untuk mencarinya juga mudah banget kok, karena posisi tempat makan ini persis di pinggir jalan dan ada spanduk besar di depan tokonya. Warung makan yang bernuansa merah ini buka dari jam 10.00 sampai 21.00. Harga setiap item yang dijual di tempat ini mulai dari 1.500 – 25.000. Terjangkau kan?
Honestly, ayam geprek yang paling enak menurut aku ya di Kakkk, Ayam Geprek !!!. Ayamnya pas, sopnya juga enak. Menu favorite-ku dan Bayu adalah Ayam Geprek Paket A dengan es teh jumbo. Tapi, jika ingin mencoba tempat ini, saya sarankan untuk berkunjung tidak di waktu ramai, karena beberapa kali kami makan disini di saat-saat ramai, selalu saja ada trouble. Mulai dari pelayanannya yang lama, pesanan yang salah datang atau malah tidak datang-datang, hingga rasa ayam geprek yang jadi agak berbeda. Semoga saja sekarang sudah lebih baik.

Kedai Sabindo
Roti Canai. Modifikasi dari sbysnacksanddessertskingdom
Tempat makan kali ini pasti sudah tidak asing lagi untuk warga Samarinda, yakni Kedai Sabindo. Berbekal dari rasa rindu saya akan makanan yang di sajikan di Kedai Sabindo Samarinda, membawa saya ke Kedai Sabindo yang berada di Surabaya. Buat yang belum tahu, jadi Kedai Sabindo ini adalah sebuah tempat makan yang menyediakan berbagai makanan khas negeri tetangga, Malaysia. Menu yang disediakan pun khas negeri jiran, seperti teh tarik, es ABC (yang nonton Upin Ipin pasti ngerti), nasi goreng pattaya, nasi kare ayam, roti canai, roti tissue, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu menu yang istimewa di Kedai Sabindo Surabaya ini adalah pisang gapitnya. Pisang gapit ini adalah jajanan khasnya orang Samarinda dimana potongan pisang dijepit lalu dibakar dan diberi bumbu kecoklatan yang khas.
Kedai Sabindo di Surabaya ini memiliki dua cabang. Tapi yang sering saya dan Bayu kunjungi adalah Kedai Sabindo yang berada di Jalan Gayung Sari Timur IV Nomor 14. Kedai Sabindo ini searah dengan jalan menuju ke Masjid Al-Akbar, jadi kalau menuju ke arah sana, jangan lupa mampir ke tempat ini. Tempat makan ini buka dari jam 10.00 sampai 22.00. Harga yang dipatok pun terjangkau dari 4.000 – 29.000. Untuk pisang gapit sendiri dihargai 12.000 dengan sajian yang hanya terdiri dari 4 buah pisang. Rasa dan porsinya memang berbeda dari yang akan aku dapatkan di Samarinda. Tapi, worth it lah untuk membalas sebuah rasa rindu.
Menu favorite-ku disini adalah roti tisu keju, roti canai dengan kari ayam, pisang gapit, dan nasi campur sabindo. By the way, nasi campur sabindo disini isinya komplit banget, ada kare ayam, telur rabus, kentang yang iris tipis dan di goreng renyah (ini enak), nasi, dan mie. Super kenyang banget deh kalau aku makan ini. Sementara favorite Bayu disini adalah nasi kare ayam, canai, dan teh tarik (biasanya dia bakal pesan 2 sekaligus).

Ayam Goreng Nelongso
Modifikasi dari Foody
Arek Ngalam karo arek Suroboyo mesti paham tempat ini to? Tempat yang menyediakan makanan enak dengan harga mahasiswa ini sangat sering dikunjungi oleh para penuntut ilmu. Jadi jangan heran kalau kamu bakal sering nemuin segerombolan mahasiswa di tempat ini. Tempat makan yang berlogo gambar bebek ini menjual berbagai ragam makanan, seperti ayam goreng nelongso, ayam goreng kepruk, ayam crispy, ayam / bebek bakar rica-rica, plecing ayam, bebek / bawal / nila / lele / kerapu goreng, nila begal, dan banyak lain. Selain itu, tempat ini juga menyediakan 10 jenis sambal. Ada sambal korek pedes, sambal korek tidak pedas, sambal plecing, sambal mangga, sambal bawang, sambal teri, sambal ebi, dan sambal-sambal lainnya.
Ayam Goreng Nelongso ini memiliki beberapa cabang di Surabaya. Tapi, cabang yang terletak di Jalan Raya Mulyosari adalah tempat kesukaanku. Tentu, karena dekat dari kos. Hehe. Tempat makan ini persis terletak di wilayah Central Park, daerah ruko yang diramaikan dengan KFC, McD, Pizza Hut, Kedai 27, dan lainnya. Tempat makan ini buka 24 jam. Jadi buat suka kelaparan tengah malam, tempat ini wajib di coba. Harganya tentu murah, kita hanya perlu merogoh kocek sedalam 2.000 – 22.000. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan free wifi. Menu favorite-ku dan Bayu adalah ayam goreng crispy dan es teh. Sambel kesukaanku sendiri adalah sambal mangga.

Mie Ayam 46
Modifikasi dari Instagram @kulinerkampusby
Kali ini kita akan menginjakkan kaki ke sebuah pedagang kaki lima yang bernama Mie Ayam 46. Mie Ayam 46 ini tentunya menjual mie ayam. Buat aku sih, mie ayam disini enak, berkuah, dan manis. Apalagi dengan taburan kulit pangsitnya yang menambah kriuk mie ini. Tapi selain mie ayam, tempat ini juga menjual ceker dan kepala ayam. Kata teman-teman yang doyan ceker dan kepala ayam sih - aku nggak doyan -, ceker dan kepala ayam disini enak banget.
Mie ayam 46 ini terletak di Jalan Darmahusada Nomor 36E. Tidak susah untuk mencarinya, karena mie ayam ini terletak di pinggir jalan, searah dengan pom bensin. Tempat makan ini hanyalah sebuah rombong yang disertai dengan warung sederhana lepas pasang yang ditutupi dengan spanduk mie ayam 46, lengkap dengan gambar rosi. Untuk harganya sudah pasti murah, harga menu disini hanya berkisar 2.000 – 8.000. Tempat makan ini buka dari hari Senin – Sabtu, dari jam 18.00 sampai habis.

Kayungyun Traditional Food

Bubur ayam spesial (sudah lengkap dengan sepiring kerupuk) dan es teh.
Sebelumnya Kayungyun Tradisional Food pernah aku ceritakan pada pembahasan tentang bubur ayam di Surabaya. Tapi nggak apa-apa deh, kita bahas ulang. Jadi, sesuai dengan namanya, Kayungyun Traditional Food ini menjajakan beberapa makanan tradisional seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur kacang gula merah, bubur ketan, hingga mie instan. Bubur ayam Kayungyun ini agak berbeda dengan bubur ayam di tempat lain, kuah yang disiram hingga menggenangi bubur yang membuat bubur ini menjadi berbeda dari bubur yang lainnya.
Kayungyun Traditional Food ini terletak di Jalan Keputih Tegal Nomor 11. Letaknya nggak jauh dari Sakinah, persis di depan alfamart yang terletak di samping kiri SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Ohya, tempat ini juga buka 24 jam dan free wifi. Tempat makan ini mematok harga yang cukup murah, harga makannya hanya sekitar 3.000 – 13.000.
Menu favorite-ku sendiri adalah bubur ayam spesial (telur) dan segelas es teh manis. Sementara Bayu, karena nggak suka makan bubur, dia lebih memilih makan Mie Goreng Duo + Telor. For your information, mie instan disini enak. Dimasaknya juga dengan cara yang berbeda, seperti dimasukkan ke dalam plastik lalu kemudian di rebus hingga matang.

Soto Lamongan Cak Harr
Modifikasi dari Foody
Bagi pecinta soto pasti sudah hapal dengan soto hits yang satu ini, yaitu Soto Lamongan Cak Harr. Sesuai dengan namanya, pastinya tempat ini menjual soto ayam. Tempat makan ini juga menyiapkan koya di masing-masing meja, sehingga pelanggan bisa menaruh koyo pada sotonya sesuai selera. Soto Lamongan Cak Harr ini merupakan salah satu soto enak yang pernah aku cobain di Surabaya. Enak dimakan apalagi pas dingin-dingin. Mungkin karena kelezatannya ini yang membuat tempat makan ini nggak pernah sepi pengunjung.
Soto Lamongan Cak Harr ini memiliki dua cabang. Yang paling besar terletak di Jalan Dr. Ir. Soekarno Nomor 220. Soto ini buka dari jam 06.00 sampai 02.00. Meski terkenal, harga makanan di tempat ini masih bersahabat kok. Hanya sekitar 5.000 – 20.000.
Di tempat ini, biasanya aku memesan soto ayam campur (dengan nasi) dan es teh. Sementara Bayu biasanya memesan soto ayam pisah (dengan nasi) dan es teh. Aku sendiri kurang paham perbedaan rasa antara soto yang dipisah dan dicampur, mungkin soto yang dipisah porsinya lebih banyak atau mungkin hanya masalah selera.

Waroeng Steak and Shake
Modifikasi dari Foody
Kini kita beralih ke tempat makan yang menyajikan makanan khas barat, yakni Waroeng Steak and Shake. Dari nama tempat ini, kita sudah bisa menebak bahwa tempat ini pasti menyajikan steak. Tapi steak disini bukan sembarang steak loh, meski dengan harga yang terjangkau, steak disini enak dan sangat beragam. Ada sirloin steak, chicken steak, steak burger, cordon bleu, steak ikan (tuna, kakap, cumi, tuna), beef steak, spaghetti, nasi paprika dan banyak lagi.
Waroeng Steak and Shake ini terletak di Jalan Flores Nomor 31. Hanya berjarak beberapa bangunan dari Snowcake. Waroeng ini buka dari jam 12.00 siang sampai 22.00. Meski menyajikan makanan khas barat yang konon harganya sangat mahal, tapi harga makanan disini masih terjangkau, hanya sekitar 2.500 – 49.000.
Menu favorite-ku disini adalah chicken steak dengan nasi. Sementara Bayu, lebih suka double sirloin steak dengan nasi dan jamur. Yah, namanya juga orang Indonesia tulen, mana kenyang kalau makan tanpa nasi meski pun makannya ala kebarat-baratan. Hehe..

Panties Pizza
Modifikasi dari Foody
Bagi pecinta pizza, wajib banget mencoba Panties Pizza ini. Tempat makan yang menawarkan pizza lipat yang berbentuk setengah lingkaran dengan lelehan keju yang meler ini merupakan makanan favorite kaum muda. Panties pizza ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan memang sudah terkenal kelezatannya.
Panties pizza bertempat di Jalan Klampis Jaya Blok D Nomor 10. Tempat makan ini buka dari jam 11.00 sampai 22.00. Untuk satu buah pizza lipat ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 19.000 - 29.000. Ohya, kamu juga bisa menemukan Panties Pizza di Tunjungan Plaza loh. Ngomong-ngomong soal Panties Pizza, aku dan Bayu paling suka menu Chicken Run!

Itu dia 8 list tempat makan dan enak di Surabaya yang boleh banget buat di coba. Semoga bermanfaat, terutama untuk para perut kelaparan. Selamat makan-makan!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Sebagai pecinta makanan berkuah, saya ngiler liat sotonya, Mba. Kapan2 kalo ke Surabaya saya coba ah. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Ini mah kudu banget dicobain kalau di Surabaya. Semoga suka ya nanti, mbak.

      Delete