Damai di Hari Tua

Dimodifikasi dari: http://keywordsuggest.org/
Menjadi tua adalah hal yang tak bisa dihindari oleh setiap manusia. Ini merupakan suatu masa yang memang harus dihadapi dan dipersiapkan sejak dini. Karena pada masa ini, kita membutuhkan penyesuaian atas segala resiko yang akan dialami, seperti penurunan daya tubuh, meningkatnya kerentanan terhadap serangan penyakit, menjadi beban keluarga, kehilangan pekerjaan, dianggap tidak dapat melakukan apa pun untuk keluarga, hingga mungkin harus terlantar di jalan atau  hidup di pantia sosial.
Kalau dipikir-pikir, masa tua memang bukan masa yang mudah. Jika boleh berandai-andai, aku ingin memiliki masa tua yang tentram. Hidup bersama keluarga. Bermain di taman bersama cucu pada akhir pekan. Menikmati secangkir teh hangat di sore hari. Terhindari dari segala hutang dan kemiskinan, tanpa harus menjadi beban anak-anakku kelak. Bagiku, itu udah lebih dari cukup. Karena kenyataannya pada tahun 2014, 9,66% dari 20,24 juta lansia di Indonesia tinggal sendirian dan harus memenuhi kebutuhan makan, kesehatan, dan sosialnya secara mandiri. Sedih.
Oleh karena itu, kita harus dapat mempersiapkan segalanya sejak dini agar dapat menikmati masa tua dengan damai. Aku emang belum pernah jadi lansia. Tapi dalam postingan blog kali ini, aku akan menyampaikan beberapa nasehat yang aku dapatkan dari para tetuah tentang hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menuju masa tua bahagia.
Pertama, genggam pendidikan untuk mencapai masa tua yang produktif. Pendidikan bisa menjadi bekal yang sangat bermanfaat untuk kita, tidak hanya di usia produktif tapi juga di masa tua. Melalui pendidikan, kita bisa mengelola suatu usaha dalam upaya pemberdayaan lansia, menjadi pendongeng sejati untuk cucu, menjadi penulis handal, atau menjadi apa pun yang kita mau.
Kedua, memiliki hobi yang dapat  menyokong masa tua. Kelak di masa tua, saat kita sudah tidak memiliki pekerjaan dan keluarga sibuk bekerja, hobi menjadi salah satu penyelamat hidup kita. Melalui hobi, kita akan dapat terus mengembangkan kemampuan kita dan dapat menghindari kejenuhan, serta menjadikan hidup lebih berarti. Apalagi jika hobi yang kita miliki dapat menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kita atau masyarakat sekitar.
Ketiga, memelihara kesehatan untuk masa tua yang lebih sehat. Proses penunaan yang terjadi di masa tua membuat kita harus mengalami penurunan daya tahan tubuh. Belum lagi jika kita memiliki gaya hidup yang kurang sehat sejak muda. Tentu hal itu akan membuat kita menjadi semakin rentan untuk terkena penyakit. Oleh karena itu, kita perlu memelihara kesehatan tubuh sejak dini melalui pola hidup sehat, seperti  melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik ringan 30 menit sehari, senam secara teratur, dan hal-hal sehat yang lainnya.
Keempat, menjaga hubungan sosial. Hubungan sosial adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan. Dengan memperbanyak relasi dan hubungan sosial yang harmonis, kita bisa menyelamatkan masa tua kita dari rasa kesepian.
Kelima, mempersiapkan ekonomi. Saat kita memasuki usia tua, kita akan menyandang gelar sebagai pensiunan. Ini adalah masa dimana kita harus menyiapkan diri untuk kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan segala kebutuhan ekonomi untuk menyokong kehidupan kita saat pensiun, tanpa harus menjadi beban bagi anak-anak kita. Dan kini, BPJS Ketenagakerjaan memiliki solusi dalam menyiapkan masa tua bahagia melalui Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun. JHT sendiri adalah tabungan tabungan untuk persiapan hari tua berupa uang tunai. Dengan mengikuti JHT, kita akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai yang besarannya diakumulasikan dari iuran dan hasil pengembangan yang akan dibayarkan secara sekaligus jika peserta mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, atau catat total tetap. Sedangkan Jaminan Pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Manfaat mengikuti Jaminan Pensiun sendiri adalah diberikannya sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia. Wah seru banget kan? Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa klik di website BPJS Ketenagakerjaan atau konsultasi di BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota kamu.
Itu lah beberapa hal yang dapat kita lakukan sejak dini untuk menyiapkan masa tua kita kelak. Kita tidak bisa menghindari masa tua, tidak bisa pula memanipulasi masa tua, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan hari itu dengan bijak. Aku harap kelak kita bisa menjadi lansia yang sejahtera dan bahagia. 


Comments

  1. Keren artikel nya , mampir juga ya di artikel saya http://bpjs.blogdetik.com/2017/02/12/pensiun-tenang-dengan-jaminan-pensiun-bpjs .

    semoga sukses !! :)

    ReplyDelete

Post a Comment