Staycation di Ibis Hotel Samarinda


Hidup di era pandemi, membuat segalanya serba nelangsa, termasuk dalam hal berlibur. Ingin bepergian keluar kota, ribet. Tapi, jika nggak berlibur, pikiran yang ruwet. Akhirnya, staycation menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk short escape tanpa repot.

Singkat cerita, awal bulan Oktober lalu, saya berencana untuk mengajak keponakan dan kakak saya untuk staycation di hotel. Saya bertugas mencari hotel yang menyediakan free-stay-for-kid supaya biaya hotel nggak membengkak karena bawa anak -memang dasarnya nggak mau rugi. Hehe. Dan akhirnya kami memutuskan untuk mencoba menginap di Ibis Hotel Samarinda, yang baru saja melakukan grand opening pada pertengahan tahun lalu. 

HOW TO MAKE A RESERVATION 

Awalnya, saya berniat untuk melakukan pemesanan melalui Traveloka, seperti biasa, karena lebih murah dan mudah. Tapi karena setiap kali saya melakukan pemesanan di Traveloka untuk 2 orang dewasa, dan 1 anak, selalu tidak tersedia, akhirnya saya coba menanyakan tentang kebijakan tamu anak-anak lewat instagram ibishotelsamarinda. Pucuk dicinta ulam tiba, saya malah mendapat kemudahan untuk melakukan reservasi langsung melalui instagram. Saya hanya perlu melakukan reservasi lewat DM dengan mengisi form reservasi, dan oala, pemesanan berhasil. 

It’s so easy. Walau pun, ya, harganya agak lebih mahal beberapa puluh ribu jika dibandingkan saya memesan melalui traveloka. But it’s okay, lah ya

CHECK IN 

Saya sampai di lobby hotel sekitar jam 2 lewat. Dan ternyata, antrian check in di hotel ini cukup lumayan. Ada sekitar 4 atau 5 konsumen yang sudah antri untuk check in, padahal ini hari Minggu. Saya baru mendapat kesempatan untuk check in setelah 20 – 30 menit menunggu. 

Proses check in-nya tidak terlalu ribet, staff meminta saya untuk meminjamkan KTP, dan melakukan pembayaran, berikut dengan depositnya sebesar Rp 200.000 yang akan dikembalikan secara cash saat check out. Setelah selesai, saya diminta untuk kembali duduk di ruang tunggu, dan beberapa menit kemudian, staff menemui saya untuk menyerahkan key card kamar. 

Ruang tunggu Ibis ini sangat nyaman, tempat duduk yang disediakan banyak dan didesign dengan unik. Dan wangi ruangan lobby-nya, is my favorite. Wangi banget, bikin betah lama-lama. 

ROOM 

The room isn’t big enough
, luasnya hanya sekitar 22 m2. Tapi, dengan penempatan dan pemilihan furniture yang tepat, serta design interior-nya yang apik, berhasil membuat kamar ini menjadi nyaman. 

Fasilitas yang terdapat di dalam kamar cukup lengkap, ala-ala hotel bintang 3, diantaranya 43 inch Smart TV, king size bed, coffee/tea maker, free mineral water, mini refrigerator, safe deposit box, high speed internet, business desk, AC, slippers, and half-open wardrobe


Dan spot favorite aku adalah sofa sudut yang-aku-tidak-tau-apa-sebutannya. Why do I like it so much? Karena tempat ini merupakan tempat yang nyaman banget buat bersantai, sambil melihat pemandangan dari kamar. And, my room has a great view of pool. Who doesn’t like it? 

My favorite spot.
Pemandangan dari jendela kamar
Beralih ke kamar mandi. Saya nggak tau kenapa, tapi menurut saya, kamar mandi di Ibis Hotel ini selalu mengingatkan saya dengan toilet / bathroom di alat transportasi. Mungil, dengan warna yang keabu-abuan. Unik sih. 
Toilet and bathroom yang mungil tapi unik
Toilet dan bathroom-nya sendiri dipisahkan oleh pintu kaca. Di dalam bathroom-nya sudah dilengkapi dengan rainfall shower. Sementara fasilitas lainnya yang terdapat di toilet, ada hair dryer, handuk, gelas kumur, dan toiletries lainnya. 

Toiletries lengkap, jadi tidak usah membawa apapun selain skin care. Hehe
Lengkap dengan hair dryer, nggak perlu takut rambut basah.
FACILITY 
RESTAURANT 
I have to say that Ibis Hotel has a very good and unique restaurant interior design. Saya nggak bisa berkata-kata untuk designnya, selain kece abis. Baik outdoor, maupun indoor, suasana restaurant di Ibis Hotel ini bener-bener pecah banget. Simple but good

Siapa yang nggak betah sarapan berlama-lama disini?
Karena sarapan kali ini saya membawa Nabiqhah, jadi kami dikenakan biaya additional breakfast sebesar 50% dari harga normal 88.000,-, dan harus dibayar langsung sebelum makan. Jadi saran saya, jika kalian membawa anak-anak saat sarapan, pastikan kalian membawa dompet kalian. 

How was the breakfast? The food is good, there are many choices of food, and I like the fried egg so much, I’ve never tasted egg this good. It’s totally great. Thumbs up! 

SWIMMING POOL DAN FITNESS CENTER 
Hotel ini memiliki fasilitas hotel yang cukup lengkap dan baru. But, because I didn’t visit the gym, so I can’t tell you how good the gym facilities are. Fasilitas kolam renangnya sendiri cukup luas dan nyaman, jika tidak terlalu ramai. Letaknya menjembatani antara ibis hotel dan mercure hotel, karena menjadi satu fasilitas. Ukuran kolam terbagi menjadi dua, untuk dewasa dan anak-anak. Jadi, sangat aman untuk anak-anak yang ingin berenang. Selain itu, di pojok kolam renang juga terdapat fasilitas handuk yang bisa digunakan untuk mengeringkan badan setelah berenang, jadi nggak perlu repot-repot untuk membawa handuk sendiri. Disini juga banyak disediakan kursi yang mengelilingi kolam renang, cocok untuk tempat bersantai sejenak selepas berenang. 


PARKING AREA 
Parkiran hotel ini terletak di basement, dan memiliki ukuran yang cukup luas. Jadi, sepertinya tidak perlu pusing tidak kedapatan parkiran. Tapi sama dengan fasilitas olahraganya, parkiran hotel ini juga jadi satu dengan parkiran Mercure Hotel. 

LOCATION 
Buat kalian yang berasal dari luar kota, percayalah, hotel ini letaknya cukup strategis. Hotel ini terletak dekat dengan Samarinda Central Plaza, salah satu pusat perbelanjaan di Samarinda. Selain itu, di depan hotel ini pula terdapat KFC, penolong perut saat kalian lapar. Hotel ini juga terletak tidak jauh dari tepian Mahakam, tempat dimana kalian bisa menikmati pemandangan sungai di Samarinda. 

That was my experience staying in the Ibis Hotel Samarinda. I really like this hotel, everything here is very satisfying. And if you’re interested in staying at this hotel, you can contact at : 

IBIS SAMARINDA 
Jl. Mulawarman No 171, Samarinda 
Instagram : ibishotelsamarinda 

Comments

  1. Dilaaa, aku menantikan kamu review Harris aja deh :D Penasaran sama yang satu itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe semoga nanti ada kesempatan buat nyobain Harris ya!

      Delete

Post a Comment