Hal-Hal yang Dikangenin saat PKL!

Hai, Posko 3!

Bulan Mei lalu, aku melaksanakan PKL di Desa Bayur selama dua minggu. Selama dua minggu itu juga aku harus hidup jauh dari kedua orang tuaku, walau pun dalam tiga hari sekali aku pasti pulang buat setorin baju kotor. Hehe. Dulu aku kira PKL itu adalah salah satu tuntutan kuliah yang paling tidak menyenangkan, harus tinggal di tempat orang lain untuk waktu yang agak panjang, harus makan-makanan yang entah aku bakal bisa makan atau enggak, tapi kakak-kakak tingkatku selalu berkata “PKL itu enak kok de, kamu makan terus kerjaannya” atau “PKL itu kok de, tiap ngedata rumah pasti dikasih makan”.
Lokasi PKL-ku nggak jauh dari pusat kota Samarinda, aku bisa menempuh perjalanan dari posko ke rumah dalam waktu 30 - 45 menit. Jalanan di daerah ini juga sudah bersemen di bagian jalan besar, namun untuk beberapa lokasi (di dalam gang, misalnya) masih beralaskan tanah dan batu-batuan yang bikin ‘gludak-gluduk’ kalau naik motor. Air yang digunakan di desa ini masih berupa air sumur. Dan yang paling mengkhawatirkan, desa ini kekurangan cahaya lampu terutama di bagian badan jalan, gelap banget cuy kalau malam, aku yakin kalau ada orang yang jalan malam-malam tanpa bawa lampu tambahan, pasti kakinya bakal kecemplung di becekan, nabrak pohon, atau di colek ekes cyiin.
Setelah dua minggu melewati PKL, aku sadar bahwa PKL itu menyenangkan. Bahkan rasanya pengen deh PKL sekali lagi, atau dua kali lagi, atau setidaknya sampai aku dilamar anak kepala desa deh #eh #salahfokus. Tapi beneran deh, PKL itu ngangenin. Dan berikut ini aku bakal paparin deh ke kamu, hal-hal menyenangkan atau pun hal-hal yang tidak menyenangkan apa yang di kangenin waktu PKL. Mau tau? Terus scroll ke bawah ya!


1. Makan dengan teratur

Perut kenyang, hati senang. PKL ini beneran surganya buat kamu para jones-jones, anak kos, pacaran-ers yang lagi dianggurin sama pacarnya, atau kamu yang sudah nggak di perhatiin sama orang tuamu lagi karena orang tuamu udah bosen ngurusin kamu. Di PKL ini adalah tempat di mana kamu waktu bangun tidur, udah ada makanan di atas meja makan atau setidaknya Ibu (yang punya rumah yang kita tinggalin) lagi nyiapin makanan. Atau waktu jam siang, sewaktu perut kamu masih kenyang sama makanan yang tadi pagi kamu makan, Ibu udah nyiapin makanan lagi buat makan siang. Atau waktu menjelang sore, saat perut kamu belum laper, Ibu udah nyiapin makanan lagi buat makan malam. Pokoknya selama PKL, kita nggak dikasih deh kesempatan buat ngerasain gimana rasanya kelaperan.
Tapi, aku menyadari satu hal disini. Coba kamu ingat-ingat, saat kamu di rumahmu sendiri, saat makanan pasti selalu ada di dalam tudung, saat kalau kamu mau makan ya tinggal makan aja sendiri, kamu pasti pernah makan nggak teratur. Dan pengalaman selama aku PKL, makanan juga selalu ada di atas meja, kalau mau makan ya tinggal makan aja sendiri, tapi kamu pasti makan teratur disini. Kenapa? Karena kamu punya teman makan disini, karena kamu punya teman-teman yang nggak cuma ngingatin tapi juga nemanin kamu makan, rame-rame, bareng-bareng, seru.
Dulu aku pernah mendengar sebuah teori yang menyatakan bahwa, nafsu makan itu dipengaruhi oleh suasana saat makan. Dan selama aku PKL, itu terbukti, benar!
2. Tidur rame-rame dan begadang rame-rame
Ini salah satu hal yang di kangenin selama PKL. Tidur rame-rame. Begadang ngerjain tugas rame-rame. Bangunin teman-teman yang masih molor juga rame-rame. Pokoknya seru!
Walau pun kadang tidur sempit-sempitan, walau pun kadang teman tidur suka guling sana/guling sini atau tendang sana/tendang sini, walau pun kadang lebih milih buat tidur di lantai, tapi selama itu rame-rame, tidur pasti pules. Biasanya kalau aku di rumah, aku bangun jam 5 subuh. Tapi kalau lagi PKL, mau bangun sepagi apa pun kalau liat teman yang lain masih tidur, kita pasti tidur lagi, dan akhirnya bangun siang. HAHA
3. Keliling kampung untuk mendata warga

Ini sebenarnya bisa di bilang hal yang menyenangkan atau juga hal yang menyebalkan. Menyenangkan karena kita setidaknya bisa mengenal beberapa warga-warga disana, mendapatkan informasi unik tentang warga, belum lagi kalau kita berkunjung ke rumah untuk mendata dengan disuguhi teh anget sama roti yang baru di bikin di pabrik waktu lagi ujan-ujan. Menyebalkan karena harus door-to-door mendata warga, bertanya dengan pertanyaan yang nggak sedikit sampai liur hampir kering, belum lagi ditutupin pintu / ditolak / diusir secara halus karena di kira seles.
Perawatan Hana lagi mendata warga sekalian cara jodoh #eh


4. Satu masalah rame-rame

Ini nih enaknya PKL, punya teman banyak di posko. Jadi kalau salah satu dari kita ada masalah, kemungkinan besar semua anggota posko pasti tau, dan bisa sama-sama memikirkan jalan keluar, atau setidaknya sama-sama ngomongin dari belakang. HAHA #ups #janganditiru. Atau bisa juga kita salah bareng-bareng, dimarahinnya pun pasti bareng-bareng, jadi sedihnya juga bareng-bareng.
Tapi nggak cuma masalah sih, beberapa kebahagiaan juga kita bagi bareng-bareng. Misalnya ada yang pulang ke rumah atau ngapelin gebetan dan bawa makanan, kita makannya bareng-bareng. Senang bareng-bareng juga kan jadinya?
Ini waktu mau kembali ke habitat. Habis nangis-nangisan
bareng harus pisah. Miss you, guys. Miss you, Ibuk.

Pokoknya banyak banget hal seru yang dilewati selama PKL, yang ngebuat kamu pasti ngerasa ketagihan. Pengen lagi. Pengen lagi. Dan buat kamu yang lagi PKL atau sebentar lagi akan menghadapi PKL, hadapilah dengan semangat, dan nikmatilah, karena masa PKL adalah masa-masa yang tidak bisa dilupakan dan akan selalu dirindukan. Sekian tulisan aku kali ini. Sebenarnya masih banyak hal yang pengen diceritain disini. Cuma berhubung anak kecil di rumah udah bangun dan resiko untuk diganggu menjadi sangat tinggi, jadi segini dulu deh ceritanya. Semoga bermanfaat bagi mahluk astral di luar sana.

Comments