Beberapa Hal yang perlu Kamu Ingat saat Berpacaran


Pacaran. Sebenarnya aku sendiri masih memiliki keyakinan atas keputusan untuk tidak berpacaran demi mendapatkan imam yang baik untuk dijadikan sebagai kepala keluarganya. Tapi aku bakal jadi orang yang munafik kalau aku sampai saat ini menganjurkan kalian untuk tidak berpacaran, karena sudah beberapa minggu ini aku sedang menjalin hubungan dengan someone. But you know, this “someone” isn’t a new man in my life, he’s someone who had a relationship with me about seven years ago. Oh God, please forgive me. I have to get things done. 
Enough about me, let’s go back to the topic. Oke sebagai anak muda yang menjalin hubungan dengan someone special, kadang kita suka lupa diri. Apalagi kalau hubungannya masih seumur jagung. Masih anget-anget tai ayam. Masih yang tiap malam sebelum tidur saling ngucap “I love you”. Masih yang kalau nggak ketemu sehari aja rasanya kangen banget. Masih yang ngerasa kalau dunia itu cuma milik kalian berdua, dan yang lain itu cuma orang-orangan. And now, I want to open your eyes, guys. I want to tell you about some things that you should remember when you have a relationship with your-someone-special. These things will help to prevent you from feeling hurt. Do you want to know what are these things? Let’s keep scrolling down!

1. Pacarmu bukan segalanya, masa depanmu dan kebahagiaan orang tuamu adalah segalanya


Pernah nggak sih kamu ngerasa, kamu itu memprioritaskan pacar atau mendahulukan pacar di atas segalanya. Misalnya kamu udah janji sama mama kamu untuk menjemput mama-mu di tempat keluarga, kemudian pacar kamu mendadak telpon dan ngajak kamu ketemuan, lalu kamu dengan seenaknya memutuskan untuk membatalkan janji dengan mama-mu untuk menjemputnya dan lebih memilih untuk pergi dengan pacar kamu. Tega nggak sih? Padahal mama-mu itu nggak tau harus minta jemput sama siapa lagi selain kamu, tapi kamu malah milih nyelonong pergi sama pacar kamu gitu aja. Itu contoh, nggak tau sih kejadiannya beneran ada atau enggak.
Tapi yang perlu kamu ingat, di saat kamu mempriotaskan pacar kamu, pacar kamu belum tentu memprioritaskan kamu di atas segalanya. Bisa saja kamu menjadi urutan yang entah keberapa di dalam hidup si dia. Bisa saja dia lebih memprioritaskan keluarganya, hobbynya, teman-temannya daripada kamu. Oleh karena itu, jangan pernah men-Tuhan-kan pacar kamu. Jangan pernah merasa kalau nggak ada yang lebih penting di dunia ini selain pacar kamu. Kamu harus ingat, kebahagiaan orang tua kamu dan masa depanmu adalah hal yang lebih penting dari pacar kamu yang bisa kapan aja pergi atau selingkuh dari kamu.

2. Cinta boleh hadir tapi jangan sampai buta


Ini biasa terjadi sama muda-mudi yang lagi di mabuk cinta. Sangking mabuknya bisa komplikasi jadi buta, di butakan sama cinta. Eciee. Well cinta buta. Nggak jarang dalam pacaran itu, rasa kasih sayang dan cinta timbul di hati kita kepada pasangan. Dan saat kita mencintai seseorang itu memang rasanya bahagia. Rasanya udara di sekitar kita itu di penuhi oleh kupu-kupu yang berterbangan dengan indahnya, motor yang pacar kamu kendarai terlihat seperti kuda putih yang sangat gagah, dan sampai sampah pun bisa terlihat kaya bunga-bunga. Yah itulah, cinta memang buta.
Kadang saat kita sangat mencintai seseorang, kita mendadak buta, kita terlihat seperti orang yang paling bodoh di dunia, dan rasanya otak kita itu udah bergeser dari tempatnya. Pernah nggak sih kamu merasa mau melakukan apa pun demi orang yang kamu cintai. Kamu bolos bimbel demi mojok sama pacar kamu. Kamu rela bohong ke orang tuamu demi nge-date sama pacar kamu. Kamu rela nggak di hubungin berhari-hari, nggak diajak ketemu berminggu-minggu, demi menjaga hubungan kamu sama pacar kamu yang sebenarnya udah bosan sama kamu. Kamu rela di selingkuhin berkali-kali demi bisa tetap dekat sama pacar kamu. Itu namanya bukan cinta buta lagi, tapi bodo, nggak punya otak.
Kadang kita selalu merasa terlalu mencinta pacar kita. Kita nggak bisa jauh dari paacar kita. Kita mau tetap bersama pacar kita. Sebenarnya nggak ada larangan untuk kita mencintai pacar kita. Aku juga yakin Allah itu pemilik hati kita, Allah yang membolak-balikan hati kita, Allah yang menentukan kepada siapa hati kita akan berlabuh. Tapi jangan lupa, saat kita mencintai seseorang, kita masih punya otak untuk berpikir. Jangan selalu menggunakan hati dalam menghadapi pacar kamu, kalau selalu menggunakan hati maka kamu bakal kalah, kamu bakal jadi pihak yang disakiti oleh pacar kamu. Tolong dicatet. Makasih.

3. Pacaran itu untuk senang-senang dan kebanyakan hanya untuk pencitraan diri, don't be so serious


Ada beberapa pasangan yang menyatakan kalau mereka sedang menjalin hubungan yang serius. Dan aku hanya bisa tertawa. HAHAHA. Kenapa? Karena lelaki yang ingin benar-benar menjalin hubungan yang serius denganmu itu nggak selalu terlebih dahulu mengajak kamu pacaran, tapi akan langsung mendatangi orang tuamu, dengan kata lain langsung taken contract ke orang tuamu bahwa dia ingin mengenal kamu untuk dijadikan seorang istri. Mantep.
Kebanyakan orang yang pacaran itu punya moto “jalanin aja dulu, entah nanti bakal jadi mantan atau manten”. Iya, pacaran itu memang nggak jelas. Nggak jelas arah hubungannya mau di bawa kemana. Yang penting senang-senang aja dulu, nikmati waktu bersama, kalau cocok ya lanjut ke pelaminan, kalau ada yang lebih bagus ya si pacar bakal di tinggalin. Itu faktanya.
Belum lagi pacaran itu kebanyakan hanya pencitraan diri. Kebanyakan dari mereka, hanya menunjukkan hal yang baik-baik aja di depan pacarnya. Ngajak pacarnya nge-date di tempat mahal, padahal uang hasil ngutang. Pake baju bermerk, padahal hasil nebeng sama temen.
Oleh karena itu, saranku kepada kalian wahai para muda mudi yang sedang di mabuk cinta. Jangan terlalu serius terhadap hubungan yang sedang kalian jalani ini. Jangan terlalu percaya sama sikap atau tampilan dari pacar kamu.

4. Sebesar apa pun rasa cinta kalian, rasa bosan bisa timbul kapan aja


Rasa bosan itu memang kerap muncul di suatu hubungan, sebesar apa pun rasa cinta kalian satu sama lain. Dan nggak jarang, karena rasa bosan tersebut, rasa cinta kalian musnah, dan lebih memilih melupakan rasa cinta yang pernah ada untuk menghilangkan rasa bosan yang kerap datang.
Jadi disini aku pengen ingatin sama kalian, jangan terlalu berharap kalau dia bakal bahagia terus bersama kamu. Kamu harus ingat, bosan bisa timbul kapan aja dan dengan siapa saja.Dan nggak menutup kemungkinan, pacar kamu bakal bosen sama kamu dan secara diam-diam menjalin hubungan dengan cewek lain.

5. Jangan terlalu percaya, dia bisa berkata bohong kapan aja


Ini adalah kesalahan terbesar dan terbanyak yang dilakukan oleh para muda-mudi yang di mabuk cinta. Terlalu mempercayai pacar. Terlalu percaya kepada pacar itu nggak baik, nggak sehat, dan dapat mengakibatkan luka di hati yang terlalu dalam. Udah kaya iklan rokok belum? Pffft..
Kita nggak pernah tau kapan pacar kita bohong sama kita. Bisa aja dia bilang udah makan, padahal belum. Bisa aja dia bilang lagi sibuk, padahal emang iye sibuk sama bini yang laen. HAHAHA. Bisa aja dia bilang mau bunuh diri kalau kamu putusin karena nggak mau sendirian, padahal dia punya cewek lain. Dan kebohongan yang paling besar dan romantis sepanjang masa adalah kalau dia bilang “aku bakal sayang kamu selamanya”, when she/he say it, you have to trust me that it’s just a bullshit. Karena aku yakin itu cuma bualan dia aja, supaya bikin kamu makin jatuh cinta sama dia. Oleh karena itu, sebagai seorang pacar yang cerdas, kamu harus tetap teliti, cermat, dan tidak terlalu percaya dengan ucapan pacar kamu. Ingat, dia bisa bohong kapan aja yang dia mau.

6. Pada akhirnya kalian akan putus juga, dia atau kamu akan pergi menjauh, dan cepat atau lambat kalian akan saling melupakan


Pacar adalah pacar. Dia bisa pergi kapan aja. Dia bisa jatuh cinta dengan wanita yang mana saja selain kamu, bahkan walau masih menjalin hubungan dengan kamu. Kamu nggak bakal pernah tau apa yang bakal terjadi dengan hubungan yang sedang kamu jalani sekarang. Kamu nggak pernah tau, apa kalian nantinya akan berpisah dan menjadi mantan, atau menyatu dan menjadi manten.
Intinya yang harus kamu ingat disini adalah, kamu jangan terlalu mencintai dia, dan kamu jangan terlalu berharap bahwa dia akan di sisimu selama yang kamu mau. Karena kamu nggak pernah tau masa depan dari hubungan kamu. Dan terlalu mencintai dan terlalu berharap kepadanya hanya akan membuatmu jatuh di tempat yang terlalu dalam.

Itulah tadi beberapa hal atau curhatan (?) yang perlu kamu ingat dalam menjalin hubungan dengan pacar kamu. Hal-hal di atas perlu kamu terapin agar nanti kalau kalian berpisah, hati kamu nggak bakal terlalu sakit. Dan dalam berpacaran, kamu harus act like a lady and think like a man.
Selamat selamat. Semoga bermanfaat bagi hati-hati yang lagi mabuk cinta!


Comments