Tingkatkan Kualitas Diri Melalui Bimtekkeuangan.info

Modifikasi dari: Faculty Focus
Jika kamu adalah seorang karyawan yang terancam dipindahkan posisi karena dianggap tidak handal atau bahkan terancam diberhentikan, tenang, saya tau itu berat.

Mempertahankan status karyawan memang tidak mudah. Apalagi jika lagi kita bercermin kepada orang-orang yang memiliki karir bagus, gaji tinggi, dan kehidupan yang nampak bahagia selalu. Sementara kita, tidak memiliki semuanya. Makin sedih hati ini rasanya. Belum lagi jika kita harus membayangkan kembali menjadi seorang pengangguran. Tidak bekerja sewaktu, dianggap tidak bermutu, padahal tidak begitu. Memiliki pekerjaan kasar, dipandang tidak sejajar, padahal sulit mencari pekerjaan enak dengan gaji besar. 

TANTANGAN MENJADI TENAGA KERJA NASIONAL

Menjadi tenaga kerja di negeri ini memang sulit. Penuh tantangan. Ada keinginan untuk pindah pekerjaan, tapi lowongan yang ditawarkan sedikit, sementara tenaga kerja lain yang berdaya saing tinggi masih berlimpah. Belum lagi jika harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa negara kita yang tercinta ini telah menjadi anggota MEA (Masyarakat Eknomi ASEAN) bersama dengan sembilan negara lainnya. Ini akan menjadi tantangan bonus untuk kita, terutama di bidang ketenagakerjaan. Apalagi fenomena ini telah didukung dengan terbitnya Perpres nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang pasti akan menyisihkan tenaga kerja lokal yang tidak kompetitif.

Sedih sekali ya, saudara-saudara. Memang rezeki tidak ada kemana, tapi dengan banyaknya tantangan yang harus dihadapi, hanya orang-orang yang berkompetensi yang bisa bertahan. 

ANGKA TENAGA KERJA NASIONAL

Menurut laporan terbaru yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik, angkatan kerja pada bulan Februari 2018 berjumlah 133,94 juta orang, naik 2,39 juta orang dibandingkan Februari 2017. Di bulan itu juga 127,07 juta orang bekerja, bertambah 2,53 juta dibandingkan tahun lalu. Dari 127,07 juta orang yang bekerja, sebanyak 7,64% masuk kategori setengah menganggur dan 23,83% pekerja paruh waktu.

Jika dilihat angka pertambahan orang yang bekerja, kita merasa sedikit lega. Meski cukup tinggi, tapi dibalik itu sebanyak 6,78 juta orang menganggur. Memang, angka pengangguran ini menurun 0,2% atau 140.000 orang jika dibandingkan dari tahun sebelumnya. Tapi tetap saja, 6,78 orang masih menganggur. Jika semua pengangguran dikumpulkan di suatu pulau, maka ini akan cocok jika di tempatkan di pulau Riau yang pada tahun 2017 memiliki penduduk sejumlah 6.657.900 orang. Masih banyak banget. Jadi, jangan sampai kita coba-coba menambah populasi pengangguran yang akan membuat persaingan semakin sulit.


PENYEBAB RENDAHNYA KUALITAS TENAGA KERJA

Salah satu hal yang menyebabkan rendahnya kualitas tenaga kerja sehingga banyak yang harus kembali menjadi pengangguran adalah pendidikan yang kurang memadai. Hal ini yang mengakibatkan tenaga kerja kita kalah bersaing, baik di dalam atau di luar negeri. 

SOLUSI CERDAS MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA

Pendidikan adalah kunci untuk menciptakan tenaga kerja yang berdaya saing dan kompetitif. Terdengar sedikit klise, tapi hal ini dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas tenaga kerja lokal. Pendidikan ini pun bisa di dapatkan secara formal mau pun non formal.

Dibalik itu, masih banyak pemikiran yang beranggapan bahwa pendidikan itu bisa didapatkan dengan sejalannya pengalaman. Walau pun memang benar, pengalaman adalah guru yang terbaik. Tapi sebenarnya pengalaman itu bisa kita dapatkan juga melalui pendidikan non formal. 

Bimtek (Bimbingan Teknis) adalah salah satu jenis pendidikan non formal yang dinilai efektif untuk membentuk tenaga kerja lokal yang terampil, berkualitas dan kompetitif. Melalui Bimtek, kaula muda didik untuk menguasai bidangnya masing-masing sehingga dapat bersaing dengan tenaga asing. 

Kenapa harus Bimtek? Karena Bimtek dapat membantu kita untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas kita dalam waktu singkat. Bimtek biasanya memiliki pengajar yang sudah berpengalaman dan mahir di bidangkan, melalui para pengajar ini kita bisa mendapatkan pengalaman yang berharga.

Salah satu lembaga yang berhasil menyediakan layanan Bimtek adalah LKN (Lembaga Kajian Nasional). Apa sih LKN ini? Mari kita kenali sama-sama.

LEMBAGA KAJIAN NASIONAL

Sumber : Info Jadwal Bimtek dan Diklat
Profil

Lembaga Kajian Nasional, atau yang biasa disingkat LKN, merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan dan pelatihan, workshop, bimbingan teknis dan diklat keuangan, serta in house training dan seminar untuk berbagai instansi pemerintah, baik Eksekutif mau pun Legislatif, dan instansi swasta yang didukung oleh para professional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu serta pengalaman dibidang masing-masing.

Lembaga ini bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas SDM dan mensosialisasikan, serta mensikronisasikan antara kebijakan pemerintah dengan dunia industri, dan sebaliknya pelaku industri dapat memberikan masukan dan konstribusi kepada pemerintah.

Visi 

Sebagai perwujudan peningkatan pengembagan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang professional.

Visi LKN mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal kea rah yang lebih baik, serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan motivasi untuk menjadi semakin baik, yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam suatu kesisteman yang utuh.

Misi

LKN mengemban misi, diantaranya :
  • Mendorong peningkatan kemampuan sumber daya melalui Bimbingan Teknik (Bimtek) / Sosialisasi;
  • Mendorong peningkatan pendidikan dan pelatihan (Diklat), Sosialisasi, dan pemahaman informasi;
  • Bersama masyarakat dan institusi lainnya memberikan konstribusi terhadap terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa;
  • Meningkatankan pemberdayaan masyarakat melalui konsultasi public atas setiap kebijakan yang akan diterapkan, dan mendrong lahirnya inisiatif, kreatif dan kemandirian masyarakat;
  • Meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan yang dilakukan.
LKN menciptakan sebuah program untuk memudahkan para peminatnya dalam mencari kebutuhan Bimtek / Diklat melalui sebuah situs yang bernama Bimtekkeuangan.info. Program ini dibuat untuk membantu program pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, sehingga aparatur pemerintahan atau pun korporasi bisa mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Bimtekkeuangan.info – Penyelenggara Bimtek dan Diklat Terbaik

Bimtekkeuangan.info adalah sebuah situs penyelenggara bimbingan teknologi terbaik di bawah naunagan Lembaga Kajian Nasional (LKN) yang sudah berpengalaman di bidang pelatihan. 

Materi

Bidang yang disediakan oleh Bimtekkeuangan bermacam-macam, diantaranya:
  • Bimtek keuangan
  • Bimtek pemerintahan
  • Bimtek kepegawaian
  • Bimtek barang dan asset
  • Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
  • Bimtek Kearsipan
  • Bimtek DPRD
  • Bimtek Aparatur Desa / Lurah / Camat
  • Bimtek Kesehatan
  • Bimtek Pajak Daerah
  • Bimtek Penanaman Modal
  • Bimtek UKM / UMKM
  • Bimtek Kependudukan dan Capil
  • Bimtek Saptol PP
Meski jika dilihat dari visi dan misi LKN serta materi yang tersedia di Bimtekkeuangan.info, Bimtek ini lebih cocok untuk para pegawai pemerintahan, tapi bukan berarti karyawan swasta dan yang belum bekerja tidak boleh mengikuti Bimtek ini, karena Bimtek ini dibuka untuk umum. Lagipula, selain bisa menambah pengetahuan, Bimtek ini juga bisa menjadi nilai tambah jika ingin bekerja di pemerintahan. Setuju?

Jadwal

Jika berminat mengikuti Bimtek ini, tenang, jadwal yang disediakan sangat banyak. Untuk mengetahui jadwal Bimtek atau Diklat, bisa di klik disini :
Sumber: Jadwal Bimtek
Sumber: Jadwal Diklat
Tawaran pendidikan non formal yang menggiurkan, bukan? Jika berminat dan ingin mendaftar, kita hanya perlu masuk di situs Bimteknologi.info dan disana sudah tertera pilihan untuk melakukan pendaftaran. Sisanya, kita tinggal memasukan data. Mudah kan?

Meningkatkan kualitas diri sendiri memang merupakan sebuah kewajiban, bukan hanya untuk diri kita sendiri, namun juga untuk bangsa kita ini. Jadi, jangan berhenti untuk meningkatkan keterampilan diri ya. Selamat berjuang, pejuang masa kini!

Daftar Refrensi :
Badan Pusat Statistik. 2018. Februari 2018: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,13 persen, Rata-rata upah buruh per bulan sebesar 2,65 juta rupiah. Diakses di https://www.bps.go.id/
Tumoutounews. 2017. 78 Persen Penduduk Indonesa Terpusat di Jawa – Sumatera. Diakses di http://tumoutounews.com/
Lembaga Kajian Nasional. 2018. Visi dan Misi. Diakses di http://bimtekkeuangan.info/

Comments