Be A Hero Zaman Now

Sumber : http://investvine.com/

Kemiskinan ternyata masih menjadi masalah besar di negeri kita ini, Indonesia. Sumber daya alam yang melimpah ruah ternyata belum cukup untuk mengangkat derajat masyarakat miskin. Berbagai program penanggulangan kemiskinan telah dilaksanakan oleh pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun tetap saja, hal ini belum dapat mengentaskan kemiskinan di negeri ini. 

BPS (Badan Pusat Statisik) menyatakan bahwa indeks kedalaman kemiskinan dan keparahan kemiskinan di Indonesia pada September 2016 hingga Maret 2017 masih mengalami kenaikan. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah masyarat miskin yang mengalami peningkatan dari 27,76 juta pada September 2016 menjadi 27,77 juta orang pada Maret 2017. 


Ya, kemiskinan memang merupakan masalah kompleks yang tidak mudah diatasi. Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di berbagai negera berkembang lainnya. Kemiskinan tidak hanya berbicara tentang pendapatan, namun hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai hal lainnya yang saling berkaitan seperti seperti tingkat pendidikan, kemampuan dalam membeli barang dan jasa, dan lokasi lingkungan.

Berbagai solusi telah dilakukan oleh pemerintah, tapi sayang, dampak yang diberikan masih belum meluas di kalangan masyarakat. Lembaga amil zakat menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat menuntaskan kemiskinan. Namun, lembaga ini juga belum dapat memberikan konstribusi yang meluas di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan adanya kesenjangan antara kebutuhan masyarakat miskin dengan dana yang terkumpul pada organisasi pengelolaan zakat. Kurangnya kesadaran dan keinginan para relawan untuk saling berbagi melalui lembaga amil zakat, krisis kepercayaan terhadap segala bentuk usaha pengumpul dana dan adanya kekhawatiran penyalahgunaan dana menjadi alasan rendahnya dana yang terkumpul. Nggak heran, banyak masyarakat miskin yang belum dicapai oleh lembaga amil zakat.

Di satu sisi, masyarakat miskin adalah suatu masalah kompleks yang harus di atasi. Tapi sisi lain, melalui masyarakat miskin inilah kamu bisa menjadi pahlwan bagi mereka, tanpa perlu berantem dulu dengan para penjahat. Bagaimana caranya? Gampang banget. Kamu hanya perlu membangun gaya hidup untuk saling berbagi dengan memberikan donasi kamu dan menjadi bagian dari solusi kemiskinan di negara ini. Kamu boleh banget ngajak teman, tetangga, keluarga, atau siapa pun untuk mengikuti program. Tapi yang paling penting, kamu harus memulai dari diri kamu sendiri. Ingat, kita nggak akan menjadi miskin dengan memberi. Jadi, daripada mengonsumsi hal-hal yang berlebihan, lebih baik kita sisihkan uang jajan kita untuk membantu negeri kita terbebas dari kemiskinan.

Dimana lembaga yang terpercaya untuk mengelolaan donasi yang diberikan?

Terdapat banyak lembaga amil zakat di Indonesia. Dan salah satunya adalah Dompet Dhuafa. Dompet dhuafa ini merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang mengabdi untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (zakat, infaq, shadaqah, wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, atau perusahaan). Lembaga ini merupakan lembaga yang sangat mulia karena bertujuan untuk membantu persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, baik di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, maupun pengembangan sosial. Bahkan kabarnya, Dompet Dhuafa telah mendapatkan penghargaan Ramon Magsaysay Award 2016. Penghargaan ini merupakan suatu hadiah yang diberikan kepada organisasi di Asia atas pencapaian unggul di bidangnya dan telah membantu sesama dengan tulus tanpa mengharapkan ketenaran publik. Wah, oke banget kan?

Sumber : http://ddbanten.org/

Mari kita telaah dengan seksama. Pada tahun 2017 ini, Indonesia memiliki lebih dari 262 juta jiwa penduduk dengan jumlah masyarakat miskin yang hanya sekitar 11% dari jumlah penduduk keselurahan. Bahkan 111 ribu diantara penduduk Indonesia masuk kedalam kategori orang kaya dengan kekayaan bersih diatas US $ 1 juta atau setara Rp 13,5 miliar menurut laporan Credit Suisse Research Institute. Bisa kita bayangkan, seandainya seluruh masyarakat bergotong royong untuk saling berbagi, kita pasti bisa mengangkat derajat teman-teman kita di luar sana. Selain itu, negara kita pasti dapat menjadi lebih baik jika di dalamnya terdiri dari orang-orang yang mengejar kebaikan. Dan itu bisa dimulai dari diri kamu sendiri.

Jadi, sudah siapkah kamu menjadi salah satu bagian dari misi kebaikan ini? Mari merangkul harapan masyarakat miskin dengan menjadi hero zaman now di bulan kebaikan ini melalui donasi di Dompet Dhuafa. Untuk info lebih lanjut, kunjungi website Dompet Dhuafa di https://www.dompetdhuafa.org/.



Sumber :
https://www.dompetdhuafa.org/
https://www.merdeka.com/
http://jateng.tribunnews.com/
https://bisnis.tempo.co/

Comments