Mengintip Kereta Api Indonesia di Masa Depan

Sumber gambar: http://seputarsemarang.com/
Kereta api merupakan salah satu alat transportasi darat masal yang efektif di masa kini. Tidak hanya di Indonesia, banyak negara maju lainnya seperti Jepang atau Inggris yang menjadikan kereta api sebagai alat transportasi utama. Harga yang terjangkau, pelayanan yang baik, terhindar dari kemacetan dan dapat menghemat waktu serta tenaga, tentu menjadi alasan mengapa kereta api menjadi transportasi favorite bagi masyarakat. Bukan itu saja, daya angkut kereta api yang efektif, baik manusia atau pun barang, menjadikan kereta api memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menjadi transportasi unggulan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan PT KAI (Kereta Api Indonesia), yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dalam penyelenggarakan jasa angkutan kereta api, yang dapat mengangkut 1 juta orang per harinya. Ini adalah hal yang tidak dapat dimunafikkan bahwa kereta api sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.
Oleh karena itu, sudah sebuah keharusan Kereta Api Indonesia untuk terus berinovasi agar dapat menjadi alat transportasi utama. Berbicara tentang inovasi, tentu masyarakat menginginkan Kereta Api Indonesia akan terus megembangkan sayapnya untuk memberikan pelayanan perjalanan yang terbaik. Berikut merupakan beberapa hal yang mungkin dapat di soroti oleh PT KAI agar dapat menjadikan perekeraapian menjadi lebih baik di Indonesia:

Membenahi toilet umum
Perjalanan kereta api yang tak sebentar dan memerlukan waktu berjam-jam membuat kebutuhan akan toilet yang nyaman menjadi sangat penting. Tak sedikit penumpang yang diam-diam harus menahan buang air karena kondisi toilet yang kurang bersahabat. Oleh karena itu, diharapkan pihak KAI dapat membenahi toilet baik dalam hal kebersihan mau pun tata ruang agar dapat lebih efektif dan tidak menimbulkan kesan ‘terlalu sempit’. Selain itu, KAI mungkin dapat menambah berbagai jenis kloset, baik duduk, berdiri, atau jongkok, untuk memudahkan penumpang dalam memilih toilet sesuai dengan selera atau keterbatasan yang dimilikinya. Namun, kebutuhan akan toilet bukan hanya bagi orang dewasa, bayi pun sebaiknya diberikan fasilitas tersendiri dalam membantu tindakan pergantian pampers agar tidak mengganggu kenyamanan dari penumpang lain. Meja popok bayi lipat yang disisipkan dalam toilet dapat menjadi solusi untuk masalah ini.
Meja lipat pengganti popok bayi.
Sumber gambar: http://www.travelingmom.com/
Design toilet Shinkansen di Jepang.
Sumber gambar: http://https://tictokyo.wordpress.com/

Melebarkan sayap menuju pulau lain
Saat ini PT KAI baru membuka jalur-jalurnya di pulau Jawa dan Sumatera. Ini menjadi hal yang sangat disayangkan, karena banyak pulau lain, seperti Kalimantan dan Sulawesi, yang ingin segera mendapatkan fasilitas perkeretaapian Indonesia. Oleh karena itu, sebagai masyarakat, saya sangat mengharapkan kehadiran PT KAI di pulau-pulau lain agar dapat memudahkan perjalanan yang dilakukan melalui darat. Selain itu, diharapkan pula PT KAI dapat melebarkan sayapnya dengan membangun kereta api antar pulau, baik di atas laut atau di bawah laut, sehingga dapat menjadi alternatif lain dalam melakukan perjalanan jauh.
Kereta antarpulau di India.
Sumber gambar : http://talkofwalk.blogspot.co.id/

Meningkatkan keselamatan melalui pelayanan kesehatan
Fasilitas kesehatan juga merupakan satu hal yang perlu di soroti PT KAI. Banyaknya kasus kesehatan yang terjadi di dalam perjalanan kereta api, membuat kebutuhan akan sebuah pelayanan kesehatan khusus sangat diperlukan. Adanya gerbong khusus untuk pelayanan kesehatan dapat menjadi hal yang sangat membantu masyarakat yang mengalami gangguan pada kesehatannya, seperti melahirkan secara mendadak atau mengalami penurunan kesehatan secara tiba-tiba. Pelayanan kesehatan ini dapat dilengkapi oleh tenaga kesehatan professional seperti perawat dan dokter, sehingga masyarakat terjamin keslamatannya. Pelatihan kesehatan secara berkala kepada sumber daya manusia KAI juga dapat menjadi solusi lain dalam meningkatkan keselamatan masyarakat dalam melakukan perjalan melalui kereta api.
Ruang layanan kesehatan di kereta api di Western Cape
Sumber gambar: http://https://www.westerncape.gov.za/

Menambahkan jalur menuju titik penting
Bandara dan pelabuhan merupakan titik penting dalam transportasi Indonesia. Keterbatasan penerbangan dan pelayaran menuju tempat tujuan terkadang membuat masyarakat harus melanjutkan perjalanannya dengan kendaraan darat. Namun, fasilitas kereta api yang langsung didapatkan dari bandara atau pelabuhan menuju tempat yang ingin dituju belum dapat ditemui. Akhirnya, masyarakat harus melewati perjalanan darat dengan bus atau mobil menuju stasiun terdekat. Meningkatkan jalur keretaapi di titik penting ini menjadi hal yang sangat di idamkan oleh masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mencari perjalanan darat yang tidak menentu.
Kereta api bandara di Beijing.
Sumber gambar : http://http://www.beijing-airport-transportation.com/


Kini, 72 tahun sudah PT KAI berkecimpung di perkeretaapian Indonesia. Tentu sebagai masyarakat awam, saya berharap kepada PT KAI agar dapat terus mengembangkan potensinya dan dapat menjadi solusi transportasi yang aman serta nyaman bagi masyarakat Indonesia. Tak lupa pula saya berharap agar PT KAI dapat segera membawa perkeretaapian Indonesia menjadi lebih modern hingga dapat menyaingi perkeretaapian di negara-negara maju. Sukses untuk PT KAI!

Comments