Liquid Damaged!

Halo, guys. Happy new year! 
Btw, ini postingan edisi telat banget. Dan sebelumnya aku mau minta maaf karena udah hampir dua bulan ini aku vakum buat nulis. Ya barangkali ada yang nungguin postingan terbaru dari aku, walau pun aku juga nggak yakin ada. Hehe. 
Kebetulan kemarin laptop aku rusak. Itu sebabnya aku vakum buat nulis. Ceritanya waktu itu aku lagi minggu tenang dan ngerasa suntuk banget di kos , akhirnya aku memutuskan untuk nonton korea di laptop. Kebetulan aku baru selesai makan penyetan-depan-kos beserta dengan es-teh-yang-asal-ditaroh-didalam-gelas-padahal-masih-plastikan. Karena es teh yang tersedia belum habis, akhirnya aku pun nonton korea sambil ditemenin es teh yang berada 5 cm dari laptop. Beberapa menit kemudian, entah ketiup angin atau nggak sengaja kusenggol setan, karena aku sendiri nggak ngerasa nyenggol, air teh yang awalnya duduk manis digelas mulai muluncur mulus ke atas keyboard-ku sehingga ngebuat laptopku mengeluarkan suara “Ngiiiing” dan mati. 

Source : http://www.sisfiza.com/wp-content/uploads/2013/04/air-tumpah-atas-laptop.jpg
Sebelumnya, sekitar 2-3 tahun yang lalu, aku punya sebuah laptop yang rusak karena kerendam banjir. Waktu itu aku lupa kalau naroh laptop di rak bawah lemari dan kebetulan rumah lagi kebanjiran. Setelah aku tau laptopku kerendam banjir, aku langsung saja menyalakan power-nya untuk memastikan bahwa laptopku masih setia nemenin aku. Tapi ternyata tindakanku salah. Aku hanya ngebuat harga service laptopku menjadi seharga laptop baru. Karena tuntutan kuliah, akhirnya orang tuaku memutuskan membelikanku laptop lagi, dan aku berjanji kepada diriku sendiri nggak akan menekan tombol power lagi kalau laptopku kena air. 
Dari pelajaran yang lalu, aku pun mendiamkan laptopku-yang-ketumpahan-air-teh selama 2 hari. Setelah 2 hari dan aku yakin kering, aku mencoba menekan tombol power laptopku, aku kumpulkan harapan-harapan yang masih tersisa, dan ya tombol power-nya menyala tapi LCD-nya enggak *nangis*. Tapi aku belum menyerah, aku keringkan lagi hingga seminggu, berharap akan datang keajaiban, tapi ternyata hasilnya sama. 
Dua minggu kemudian, aku dan mas Bay, mencoba bawa laptopku ke Acer Center di Hi-Tech Mall Surabaya. Pertama kali kesana, jam 16.58, petugasnya bilang kalau pelayanannya sudah tutup, padahal jam pelayanannya sampai jam 17.00, masih ada dua menit lagi #nggakmaurugi. Kedua kali kesana, laptopku ditolak. Pertama, karena laptopku nggak punya hologram Acer Indonesia alias diduga barang black market. Kedua, mbak-nya cuma bilang “Kalau udah kena air, susah mbak. Soalnya dia bisa berkarat di dalam. Mungkin sekarang power-nya masih nyala, tapi nanti lama-lama mati. Nah ini kalau di service pun mahal mbak, kemungkinan semua diganti, sama kaya laptop baru”. Aku pun terdiam. Pasrah. 
Malemnya aku ceritain ke bokap dan nyokap perihal laptopku yang rusak beserta kejadian di Acer Center. Untungnya nyokap nggak nanya kenapa laptopku bisa rusak, beliau cuma bilang “Loh bukannya laptopmu udah rusak dari dulu”. Ya, laptop aku emang udah rusak dari bulan Mei lalu. LCD bergaris dan kadang nggak mau ngecharge, tapi toh akhirnya laptopku sembuh sendiri (kecuali LCD-nya yang udah diganti Agustus lalu). Setelah bujuk-rayu-gombal-dan-basa basi, nyokap pun akhirnya menjanjikan untuk membelikanku laptop baru asalkan aku balik ke rumah. Itu artinya aku harus hidup di Surabaya tanpa laptop dulu. Tapi, Alhamdulillah, setelah hampir 2 bulan kikuk tanpa laptop, akhirnya nyokap dan bokep beliin laptop baru lagi *nangis bahagia*. Walau pun aku sendiri nggak tau rusaknya-laptop-lama-dan-dibeliin-laptop-baru ini merupakan musibah atau rezeki, yang aku tau, aku harus siap-siap kalau aja uang bulananku ntar bakal dipotong *siapin kuburan*. 

Nilai moral yang didapat dari kisah ini adalah : 
  1. Jangan ngeletakin minuman dekat laptop, mana tau ada angin yang iseng numpahin air ke laptopmu. 
  2. Kalau beli laptop, terutama Acer, pastiin yang ada hologram-nya. Supaya kalau service bisa diterima di seluruh Acer Center. Karena banyak banget sekarang toko-toko yang menjual Acer tidak berhologram dan hanya memberikan garansi toko.
  3. Kalau nyiapin draft blog, usahain jangan cuma di simpan di word, tapi di copy-paste juga secara online di draft blog kamu. Supaya kalau laptop kamu rusak, data draft blog kamu masih ada *sekalian curhat* 
  4. Jangan pernah nyimpen laptop ditempat yang rendah. Kita nggak pernah tau kapan banjir akan bertamu. Siapa tau tanpa disangka-sangka banjir nyinggah bentar buat ngerusakin laptop kamu yang nggak sengaja kamu simpen di tempat yang rendah. 
  5. Kalau nggak ditanyain kenapa laptop kamu rusak, jangan ngaku. Biar gampang ntar dibeliin barunya.
Sebelum beli laptop acer, pastiin dulu ada hologram garansi
PT Acer Indonesia ini.
Source : http://www.acerid.com/wp-content/uploads/2012/01/garansi2.jpg

Comments